Laila Binti Khatim, Perempuan yang Ditolak Cintanya oleh Rasulullah Saw

165
Ilustrasi patah hati (Foto: eHarmony)

Muslim Obsession – Nabi Muhammad Saw adalah sosok yang mulia dan penuh dengan keistimewaan, maka tidak heran jika banyak perempuan yang mendambakannya.

Dalam kitab Al-Kamil fi at-Tarikh, ada riwayat dari Ibnu Aun yang menceritakan, bahwa ada perempuan-perempuan yang menyerahkan diri mereka kepada Nabi Muhammad Saw. untuk dinikahi, namun tidak pernah terdengar Rasulullah Saw. menerimanya.

Salah satu sosok perempuan yang pernah menawarkan diri kepada Rasulullah Saw. adalah Laila binti Khatim. Laila binti Khatim adalah saudara perempuan dari Qais bin Al-Khatim bin Adiy.

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Sa’ad disebutkan, “Laila binti Khatim pernah menyerahkan dirinya kepada Rasulullah Saw. (untuk dinikahi), tetapi Rasulullah Saw. tidak menerimanya. Hal itu membuat Laila binti Khatim kecewa.”

Bahkan Laila pernah berkata, “Tidak, demi Allah Swt. aku akan membuat Muhammad tidak menikah dengan perempuan Anshar seumur hidup. Demi Allah, aku akan mendatanginya dan sungguh akan kuserahkan diriku kepadanya.”

Laila kemudian dia mendatangi Rasulullah Saw., yang saat itu sedang bersama seorang sahabat. Betapa mengejutkannya, ketika Laila datang dan meletakkan tangannya pada Rasulullah Saw. Kemudian Rasulullah Saw. berkata, “Siapa ini, semoga ia dimakan oleh singa.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here