Lagi! Erdogan Alihfungsikan Gereja Ortodoks Kuno Jadi Masjid

125
Museum Kariye di Istanbul, Turki, yang sebelumnya merupakan gereja Kristen Ortodoks kembali dijadikan masjid.

Istanbul, Muslim Obsession – Belum lama Hagia Sophia diubah fungsinya dari museum menjadi masjid, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali membuat langkah serupa.

Sebuah museum di Istanbul yang dahulu merupakan gereja Kristen Ortodoks kuno, dikembalikan fungsinya menjadi masjid kembali, Jumat (21/8/2020).

Adalah Museum Kariye, bangunan bersejarah berusia 1.000 tahun yang disebut-sebut sangat mirip dengan Hagia Sophia. Museum yang kini menjadi masjid itu berada tak jauh dai wilayah Chora yakni di tepi barat bersejarah Tanduk Emas di sisi Eropa Istanbul.

Dilansir Al Arabiya, Masjid Kariye memiliki keunikan yang sama dengan Hagia Sophia, dimana terdapat lukisan Yesus Kristus sebagai relief peninggalan gereja di era Kekaisaran Bizantium di abad pertengahan.

Relief di dinding Masjid Kariye.

Di dindingnya terdapat lukisan bertema “Hari Penghakiman Terakhir’ dari abad ke-14 yang sangat dihormati komunitas Kristen.

Sebagian besar interior museum dihiasi mosaik yang menggambarkan kehidupan Kristus dan Maria. Di bagian kubah misalnya, tampak penggambaran tentang Silsilah Kristus.

Di kubah kiri narthex terjadi mosaik Maria dan bayi yesus yang dikelilingi leluhurnya. Di bagian tengah ada tiga mosaik yaitu Kristus, Maria dan Bayi Yesus, dan Dormition of the Blessed Virgin (Assumption).

Setelah penaklukan Konstantinopel pada 1453, gereja itu sempat diubah menjadi Masjid Kariye oleh Turki Ottoman. Kemudian setelah Perang Dunia II, bangunan itu diubah kembali menjadi Museum Kariye saat Turki mendorong terciptanya republik baru yang lebih sekuler dari bekas Kekaisaran Ottoman.

Sekelompok sejarawan seni Amerika Serikat (AS) lalu membantu memulihkan mozaik gereja asli dan membukanya untuk umum pada 1958. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here