Kunjungi Indonesia, Mahathir Mohammad Didampingi Sang Istri

418
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Indonesia Joko Widodo (Foto: Istimewa)

Bogor, Muslim Obsession – Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6/2018).

Dalam kunjungannya, Mahathir didampingi oleh istrinya, Siti Hasmah Mohamad Ali. Ini merupakan kunjungan resmi Mahathir ke negara-negara Asia Tenggara setelah dilantik sebagai perdana menteri pada 10 Mei lalu.

Acara kunjungan dimulai dengan upacara penyambutan resmi kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan buku tamu.

Setelah itu, kedua kepala negara berbincang di beranda Istana Bogor. Nantinya, Jokowi dan Mahathir Mohamad akan melakukan pernyataan pers bersama.

Menurut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, kedua kepala negara akan membahas soal peningkatan kerja sama di sektor teknologi informasi, juga isu perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia.

Diketahui, Mahathir bersama rombongan tiba di Indonesia pada Kamis (28/6/2018), sekitar pukul 18.00 WIB, melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ‎kunjungan Mahathir ke Indonesia sebagai langkah perkenalan ke Presiden Jokowi karena baru dilantik kembali menjadi Perdana Menteri Malaysia.

“Indonesia adalah sebuah negara ASEAN pertama yang dikunjungi beliau (Mahathir). Prinsipnya satu, ini adalah kunjungan perkenalan dan Bapak Presiden Jokowi nanti akan menjemput,” ujar Retno.

Meski kunjungan perkenalan, kata Retno, nantinya kedua negara akan membahas penguatan hubungan Indonesia dan Malaysia, baik bidang ekonomi, tenaga kerja, maupun sosial budaya,

“Indonesia dan Malaysia negara dekat, biasanya hubungannya kuat sekali. Ekonomi, investasi Malaysia juga banyak, perdagangan kita dengan Malaysia juga banyak, termasuk sosial budaya,” tutur Retno. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here