Kulit Juga Bisa Stres, Kenali 5 Tandanya!

389
Saat Anda stres, kulit juga ikut stres (Foto: ilustrasi)

Muslim Obsession – Jika Anda mendambakan kulit sehat, maka kelola stres Anda dengan baik. Sebab jika Anda stres, kulit juga akan mengalami stres.

Perlu diketahui, stres memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kortisol dan hormon lainnya. Hormon-hormon tersebut akan memerintahkan kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hal tersebut pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai masalah kulit.

Dilansir Healthline dan sumber lainnya, berikut adalah tanda-tanda kulit Anda mengalami stres:

1. Peradangan dan iritasi

Gatal-gatal, psoriasis, eksem, dermatitis, hingga rosacea adalah akibat dari kulit yang meradang dan iritasi. Kondisi otak yang sedang stres, bisa menghilangkan kemampuan kulit untuk melembapkan dirinya. Alhasil, timbullah peradangan dan iritasi.

Anda dapat mengurangi peradangan dan iritasi yang dipicu stres dengan memberantas penyebabnya. Ketahui penyebab stres Anda dan lakukan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, berolahraga, dan terapi.

2. Jerawat akibat meningkatnya produksi minyak

Sudah banyak penelitian yang membeberkan bahwa stres sangat terkait dengan jerawat. Saat stres melanda, hormon pada tubuh jadi tidak stabil dan mampu meningkatkan produksi minyak.

“Stres dapat membuat kulit berjerawat atau bahkan memperburuk jerawat Anda. Itu karena stres menghasilkan hormon kortisol yang dapat memicu produksi minyak berlebih,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

Selain itu, stres mengakibatkan ketidakseimbangan antara bakteri “baik” dan bakteri “jahat” di kulit yang bisa membuat jerawat membandel. Jangan hanya menggunakan obat, namun cari tahu penyebab stres Anda agar kondisi ini dapat teratasi hingga ke akarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here