KUA Lumbang Jatim Buka Pendaftaran Nikah Melalui Sistem Online

839
KUA Lumbang & BTN Probolinggo Teken MoU Layanan Pendaftaran Nikah melalui sistem e-Government dan e-Billing Simphoni

Muslim Obsession – Dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke-72, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lumbang menjalin kerja sama dengan Bank BTN KCP Probolinggo dalam hal pendaftaran dan penyetoran biaya Nikah melalui PNBP online simphoni.

Menurut Kepala BTN Probolinggo, Abdul Syukur, pihaknya siap menfasilitasi KUA untuk kemudahan pembayaran setoran biaya nikah secara langsung oleh calon pengantin (catin) ke rekening kas negara melalui sistem e billing simphoni.

“Bagi yang sudah punya rekening Batara atau tabungan di BTN bisa langsung auto debet secara otomatis,” ujar Abdul Syukur.

Imamuddin NF, Kepala KUA Lumbang menjelaskan secara singkat tahapan yang harus dilakukan oleh catin.

“KUA cukup Membuat print out kode billing pembayaran biaya nikah luar kantor dari catin sejumlah 600 ribu. Kemudian bank atau pos persepsi menginput PNBP senilai rupiah yang harus disetorkan. sistem ini berjalan, jika di kantor pos tersebut tersedia tabungan Batara, atau mesin gesek di beberapa tempat atau melalui atm,” ulas Imamuddin NF, Kepala KUA Lumbang, seperti dilansir laman resmi Kemenag Jatim, Senin (9/1/2018).

Ke depannya, pihak Bank akan memikirkan ketersediaan alat elektronik pembayaran tersebut di masing-masing KUA. Karena dengan sistem ini catin bisa lebih mudah untuk melakukan pembayaran.

“Pembayaran bisa dilakukan dimana saja, baik di Indomart/AlfaMart atau tempat lain yang sudah tersedia,” tambah Imamuddin NF. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here