Kriteria Rumah yang Tidak Akan Dimasuki Malaikat

245

Jakarta, Muslim Obsession – Seringkali kita mendengar rumah tidak akan dimasuki malaikat jika ada gambar yang menyerupai seseorang atau makhluk hidup. Namun sebaliknya, Ustadz Adi Hidayat, menyebut ada kriteria tersendiri dimana rumah tidak akan dimasuki oleh malaikat.

Rumah seperti apa yang dimaksud? Menurut ustadz Adi adalah rumah yang ada anjingnya.

“Malaikat tidak akan pernah mau masuk ke satu rumah, yang di dalamnya terdapat anjing,” ujarnya dalam video yang diunggah di Instagram @sahabat.adihidayat, seperti dikutip Muslim Obsession, Rabu (17/2/2021).

Pendakwah itu melanjutkan, hampir tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini. Dengan kata lain, para ulama telah sepakat terkait permasalahan ini.

“Jadi yang dimaksudkan anjing di dalam rumah, bukan anjing penjaga. Walaupun ulama memandang makruh keadaannya sekiranya tidak sangat dibutuhkan,” lanjut dia.

Ustadz Adi menceritakan sebuah riwayat terkait hal ini. Diceritakan, malaikat Jibril datang pada Rasulullah, tapi sang malaikat tidak mau masuk walaupun telah ditunggu oleh Nabi. Ternyata, ada anak anjing masuk ke sela-sela ranjang Rasulullah.

“Kata Nabi dari mana itu masuk? Setelah dikeluarkan baru malaikat turun. Jangankan malaikat Mikail, malaikat Jibril pun tidak mau turun kepada Nabi saat itu, karena di dalamnya ada anjing,” terang dia.

Lebih lanjut Ustadz Adi menjelaskan, menurut ulama, ada dua hal yang dipermasalahkan dari anjing yang masuk ke dalam rumah. Apa saja?

“Kata ulama, pertama ada yang mengartikan anjing sebagai hewan, kedua najis yang melekat pada liurnya,” tuturnya.

“Karena kita tidak pernah mengetahui kapan anjing menjilat tubuhnya, sehingga liurnya menempel di tubuh. Kemudian dia duduk di kursi, masuk ke mana-mana, jilat ke yang lain, maka kotoran-kotoran ini menyebar, sehingga menjadikan malaikat tidak senang turun ke tempat yang kotor bahkan najis,” kata Ustadz Adi Hidayat. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here