Kreatif! Imam Masjid Ini ‘Sulap’ Peti Mati jadi Rumah Burung

122

Muslim Obsession – Necmettin Korkmaz, seorang Imam masjid di sebuah desa di provinsi utara Kastamonu, Turki, memiliki hobi tidak biasa yang menggabungkan pekerjaannya dengan kecintaannya pada hewan.

Dengan menggunakan peti mati yang dibuang, dia membangun sangkar burung. Korkmaz juga ingin meningkatkan keahliannya dan akan mulai membangun rumah kayu untuk kucing dan anjing.

Menurut Islam, peti mati hanya digunakan untuk membawa jenazah ke tempat pemakaman sebelum dibuang setelah melayani tujuannya.

Korkmaz, yang bekerja di sebuah masjid di desa Kavakören dekat distrik Çatalzeytin, mendapatkan ide ketika peti mati yang tidak terpakai menumpuk di gudang di sebelah masjid.

Memotong potongan-potongan dari peti mati dan menyatukannya, dia melukisnya dan membuat sangkar burung, sebelum menggantungnya di pohon di sekitar masjid.

“Saya ditunjuk ke masjid ini lebih dari tiga tahun lalu dan peti mati ada di sini sejak itu. Saya pertama kali berpikir untuk membuangnya untuk memberi ruang di sini. Kemudian, saya melihat banyaknya burung di desa. Musim dingin sudah dekat dan mereka membutuhkan tempat untuk tetap hangat. Jadi, saya mulai membuat sangkar burung. Saya membuat delapan rumah burung dengan potongan-potongan yang saya buang dari dua peti mati,” katanya kepada Anadolu Agency (AA) Jumat (15/1/2021).

Sudah dua minggu sejak dia membangun sangkar burung dan burung-burung itu terbiasa dengan rumah baru mereka karena Korkmaz juga menyediakan makanan untuk mereka di sangkar burung.

“Jamaah juga menyukainya. Mereka datang untuk shalat ke masjid dan mendengarkan kicauan burung yang riang,” imbuhnya.

Korkmaz mengatakan bahwa desa tersebut juga merupakan rumah bagi sejumlah besar anjing liar dan dia berencana untuk membuat perlindungan bagi mereka.

“Saya butuh lebih banyak kayu tapi berharap pedagang kayu di sekitar sini mau membantu saya,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here