Kota Quebec Utara Akhirnya Miliki Masjid Pertama

75

Muslim Obsession – Ramadhan tahun ini datang dengan kabar baik bagi komunitas Muslim di kota pertambangan Chibougaumau di Quebec utara dengan dibukanya pusat Islam pertama di kota itu.

“Saya ingin membuka pusat komunitas ketika saya melihat Muslim lain tinggal di Chibougamau ketika saya pindah ke sini setahun yang lalu, tempat di mana kita semua bisa berkumpul dan berdoa,” kata Hichem Djemai di Cree, dilansir about islam, Jumat (23/4/2021).

Pusat Komunauter El Mouahidine de Chibougamau dibuka untuk pertama kalinya pada 19 Maret, beberapa minggu sebelum Ramadhan, CBC melaporkan.

Djemai ingin center tersebut nantinya menjadi tempat berkumpulnya masyarakat luas.
Ini adalah pertama kalinya umat Islam dapat berkumpul untuk bulan suci Ramadhan, yang dimulai pada 13 April dan berlanjut hingga 12 Mei.

Djemai pindah ke komunitas tersebut, yang terletak sekitar 700 kilometer di utara Montreal, bergabung dengan komunitas Muslim yang berkembang di Chibougamau.

Sebagai motor penggerak di belakang masjid, Djemai berharap dengan adanya balai tersebut akan tercipta ruang tempat berkumpulnya masyarakat luas dan tempat anak-anak bisa datang setelah sekolah untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Djemai juga berharap ini bisa menjadi tempat di mana non-Muslim datang untuk belajar lebih banyak tentang apa artinya menjadi Muslim.

“Keyakinan [Islam] telah banyak membantu saya. Saya adalah seorang pemuda pemberontak saat saya tumbuh dewasa. Berdoa kembali membantu saya, saya menjadi orang yang lebih baik, manusia yang lebih baik dan manusia yang lebih baik,” urai Djemai.

Muslim adalah komunitas religius yang tumbuh paling cepat di Kanada, menurut badan statistik negara itu, Statistics Canada.

Populasi Muslim Kanada meningkat 82 persen selama dekade terakhir. Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here