Kota Dearborn Tunjuk Kepala Polisi Muslim Pertama dalam Sejarah

116

Muslim Obsession – Mulai 1 Januari 2022, Cmdr. Issa Shahin akan memimpin departemen Kepolisian Dearborn, menjadikannya sebagai kepala polisi Muslim pertama dalam sejarah Michigan.

“Shahin adalah komandan eksekutif paling senior dengan rekam jejak yang kuat dan hubungan baik di dalam departemen,” kata Wali Kota terpilih Abdullah Hammoud, seperti dilansir Detroit Free Press, Kamis (23/12/2021).

“Dia berkomitmen untuk membangun hubungan saling percaya dengan warga dan memberikan kepolisian yang adil dengan cara terbaik untuk memenuhi tuntutan saat ini dalam kepolisian masyarakat,” kata Hammoud.

“Saya yakin dia akan memberikan transparansi dan akuntabilitas yang diharapkan warga saat memposisikan petugas polisi kami untuk sukses.”

Ditunjuk sebagai kepala kepolisian di Dearborn, Shahin memuji keragaman sifat penduduk kota.

“Dearborn adalah kota yang sangat beragam yang penduduknya memiliki nilai-nilai yang sama dan keinginan untuk komunitas yang aman dan ramah,” tulis Shahin dalam suratnya melamar peran sebagai kepala polisi.

“Dearborn layak mendapatkan pemimpin yang berkomitmen penuh pada keterlibatan yang jujur, transparan, dan bermakna dengan semua komunitasnya.”

Shahin telah bertugas di Dearborn Police sejak tahun 1998. Dia lulus dari Eastern Michigan University pada tahun 1997 dengan gelar dalam ilmu politik dan master dalam keamanan dalam negeri dan manajemen darurat pada tahun 2016.

Shahin mengatakan dalam suratnya bahwa dia “sangat percaya bahwa suara semua orang penting.”

“… Kami akan membangun dan merangkul budaya transparansi dan akuntabilitas untuk menumbuhkan kepercayaan dan legitimasi di dalam dan di luar organisasi,” tulisnya.

“Selain itu, departemen dapat merangkul reformasi kepolisian yang diperlukan sambil menyingkirkan penjahat dari jalanan – konsepnya tidak eksklusif satu sama lain. Menyediakan kepolisian yang adil untuk semua komunitas dan secara bersamaan tetap tegas terhadap kejahatan sepenuhnya dapat dicapai.”

Shahin akan menggantikan Kepala Ronald Haddad saat ini, yang telah memimpin departemen tersebut sejak 2008.

Haddad, yang keturunan Lebanon, adalah orang Arab-Amerika pertama yang menjadi kepala polisi di Dearborn, yang berpenduduk sekitar 47% Arab-Amerika, menurut data Sensus 2019.

“Kepala Haddad telah melayani kota Dearborn dengan terhormat selama lebih dari satu dekade, bekerja keras untuk meningkatkan keselamatan publik dan menjaga lingkungan dan penduduk kami aman,” ujar Hammoud dalam sebuah pernyataan.

“Kota ini berterima kasih atas komitmennya terhadap pekerjaan dan pelayanan publik selama bertahun-tahun.”

Prestasi luar biasa ini membuat Shahin mengikuti jejak Muslim Amerika lainnya yang telah mengambil alih posisi komando di kepolisian.

Pada April 2021, komandan Pakistan-Amerika Yasar Bashir diangkat sebagai asisten kepala polisi Muslim pertama di Amerika Serikat.

Pada Juli 2020, Kapten Adeel Rana diangkat sebagai Komandan polisi lokal New York. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here