Kota Bawah Tanah Terbesar di Dunia Ditemukan di Turki

57

Turki, Muslim Obsession – Kota bawah tanah terluas di dunia ditemukan di Turki.
Tepatnya di kawasan Benteng Nevsehir, di Kota Cappadocia, Provinsi Central Anatolian di Turki, saat berlangsungnya restorasi.

Kota bawah tanah itu diyakini akan menyaingi kota bawah tanah terbesar di Cappadocia, Derinkuyu yang menjadi rumah bagi 20 ribu orang.

Dikutip dari Daily Sabah, 15 Mei 2019, kota bawah tanah yang ditemukan di antara kastil didirikan di era Byzantium di Nevsehir.

Kota bawah tanah ini diperkirakan didirikan pada masa Byzantium sektiar 5 ribu tahun lalu. Menurut perkiraan para ahli dari Universitas Nevsehir, luas kota bawah tanah itu diperkirakan 460 ribu meter persegi.

“Kota bawah tanah terbesar di dunia ini memiliki luas sekitar 45 hektare dari 75 hektare area yang menjadi proyek tranformasi kota yang dimulai sejak tahun 2012,” kata Wali kota Nevsehir, Hasan Unver.

Sejumlah arkeolog di Turki kemudian menyusuri terowongan itu dan mengumumkan bahwa mereka menemukan ruang tempat tinggal dengan beberapa lantai seperti dapur, kapel, dan tangga. Para ahli kemudian menyakini temuan ini adalah kota bawah tanah terbesar di dunia.

Sumber lain menyebutkan, dilansir Cappadocia Turkey, para arkeolog menduga kalau Derinkuyu dibangun oleh bangsa Hittit. Bangsa kuno tersebut membangun kota dengan memahat batuan vulkanik lunak.

Pemukiman bawah tanah memang sengaja dipilih penduduk kuno untuk melindungi diri mereka dari serangan hewan buas. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here