Kota Babilon Mesopotamia Kuno Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

91
Babilon (Foto: Daily Sabah)

Jakarta, Muslim Obsession – Komite Warisan Dunia UNESCO menyatakan pada Jumat (5/7/2019) untuk mendaftarkan kota metropolitan Babel yang luas di Mesopotamia sebagai Situs Warisan Dunia setelah tiga dekade upaya lobi oleh Irak.

Irak telah berusaha sejak 1983 untuk memiliki situs itu – sebuah kompleks besar 10 kilometer persegi yang baru digali sejauh 18 persen – yang diakui oleh UNESCO. Mengangkangi Sungai Efrat Irak sekitar 100 kilometer (60 mil) selatan Baghdad, kota ini adalah pusat kerajaan Babel kuno lebih dari 4.000 tahun yang lalu.

“Apa daftar warisan dunia tanpa Babel? Bagaimana cara memberitahu sejarah kemanusiaan tanpa bab-bab terdahulu, Babilon?” kata perwakilan Irak kepada Komite Warisan Dunia UNESCO menjelang pemungutan suara.

Panitia bertemu di ibukota Azerbaijan, Baku, untuk mempertimbangkan Babilon dan 34 situs lainnya, termasuk di Brazil dan Burkina Faso, untuk Daftar Warisan Dunia. Mereka memilih untuk tidak menetapkan Babel sebagai Warisan Dunia dalam Bahaya setelah keberatan dari Irak.

“Babel adalah kota berpenduduk terbesar dalam sejarah kuno,” kata Qahtan al-Abeed, yang mengepalai Departemen Barang Antik Basra dan memimpin upaya untuk membuat daftar situs tersebut.

“Orang Babel adalah peradaban penulisan, administrasi, dan sains. Menempatkan Babel di Daftar Warisan Dunia akan mendorong penelitian dan pengembangan situs, dan akan menjadi publisitas gratis bagi wisatawan,” tambahnya kepada AFP.

Babel menempati tempat khusus dalam agama, muncul dalam Alkitab, tulisan Ibrani dan bahkan nubuat mitos. Ini berkembang sebagai kota berdinding kuil dan menara yang terbuat dari bata lumpur dan dikenal secara internasional karena taman gantungnya, Menara Babel, dan Gerbang Ishtar. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here