Korupsi di Indonesia Sudah Begitu Masif dan Parah!

400
KPK - kemenpora
Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan saat memberi pembekalan kepada para peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2018 dengan judul Anak Muda Melawan Korupsi di Wisma Soegondo, Cibubur, Jakarta Timur (7/8/2018). (Foto: Kemenpora)

Jakarta, Muslim Obsession – Korupsi di Indonesia sudah begitu masif dan parah. Tidak ada lagi sektor di negara yang tidak terasuki oleh korupsi, bahkan sektor- sektor yang dianggap paling suci sekalipun.

Hal itu dikemukakan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan saat memberi pembekalan kepada para peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2018 bertema “Anak Muda Melawan Korupsi” di Wisma Soegondo, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (7/8/2018).

Basaria menjelaskan, dalam penanganan korupsi ada sembilan perilaku anti korupsi, yakni jujur, mandiri, peduli, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, dan sabar.

“Korupsi sudah sangat meluas secara sistematik di berbagai tingkatan pusat dan daerah, lembaga eksekutif, legislatif, maupun yudikatif,” tandasnya.

Ia menambahkan, perilaku koruptif juga terjadi di kalangan pelajar, seperti, mencontek, membolos, tawuran, melanggar lalu lintas, terlambat, titip absen, berbohong pada orang tua/dosen, gratifikasi ke dosen, proposal/kwitansi palsu kegiatan, penyelenggaraan dana beasiswa, plagiat/copy paste.

“Pesan saya memberantas korupsi dimulai dari diri sendiri, kemudian menginspirasi keluarga, dan masyarakat sekitar,” tegasnya. (arh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here