Kopi Sehat UBM: Pikiran Manusia

56

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Ketua Lembaga Komunikasi dan Penyiaran Islam (LKPI) PP PARMUSI, Direktur An-Nahl Institute Jakarta, Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai UMMAT)

“Satu pohon dapat membuat ribuan batang korek api, namun satu batang korek api dapat membakar ribuan pohon.”

Demikian juga dengan pikiran manusia. Satu pikiran negatif dapat membakar semua pikiran positif.

Korek api mempunyai kepala, tetapi tidak mempunyai otak, oleh karena itu setiap kali ada gesekan kecil, korek api ini akan langsung terbakar.

Kita mempunyai kepala, dan juga otak, jadi kita tidak perlu kebakaran jenggot dan hati menggosong hanya karena gesekan kecil oleh mereka yang menyukai kegaduhan.

Ketika burung hidup, ia makan semut. Ketika burung mati, semutlah yang memakan bangkai burung. Waktu terus berputar sepanjang zaman. Siklus kehidupan akan terus berlanjut.

JADI…

Janganlah kita merendahkan siapapun dalam kehidupan ini, bukan karena siapa mereka, namun karena keberadaan diri kitalah yang belum tentu lebih mulia dari mereka.

Kita mungkin berkuasa tapi sesungguhnya waktulah yang lebih berkuasa dibandingkan diri kita. Karena hidup kita sepenuhnya bergantung kepada waktu, sedangkan waktu sama sekali tidak bergantung kepada kita, kepada siapa saja yang hidup di muka bumi, tidak peduli kaya atau miskin, tidak peduli pintar atau bodoh dan tidak peduli punya jabatan atau tidak.

والله أعلم وبارك الله فيكم

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here