Kopi Sehat UBM: Hijrah Tonggak Peradaban Baru yang Madani

74

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Ketua Lembaga Komunikasi dan Penyiaran Islam Pimpinan Pusat PARMUSI – Direktur An-Nahl Institute Jakarta, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Ummat)

PERISTIWA hijrah Rasúlulláh ﷺ dari Makkah ke Madinah dalam sejarah Islam adalah merupakan tonggak sejarah perjuangan dalam rangka membangun peradaban ummat manusia.

Dalam waktu yang relatif singkat sekitar hanya sepuluh tahun, Rasúlulláh ﷺ dan para sahabat رضى الله عنهم berhasil membangun masyarakat yang beradab, aman, damai dan sejahtera.

BACA JUGA:

Kopi Sehat UBM: Aqidah, Keyakinan Tanpa Basa-Basi

Kopi Sehat UBM: Indahnya Persaudaraan Sejati

Suasana hebat itu, yakni suasana kedamaian, masih dapat dirasakan oleh siapapun yang memasuki kota itu bahkan oleh WHO disebut sebagai Kota tersehat di Dunia.

Perasaan tenang, damai dan pancaran air muka siapapun yang ikhlas berkunjung ke sana sangat terasa serta terlihat berbeda. Berulang kali kita ke sana akan merasakan dan menikmati suasana batin yang berbeda.

Begitupun umumnya semua orang, siapapun, ketika kembali dari ziarah Masjid Nabawi, merasakan dan mendapatkan kesan itu. Kesan berbeda dan penuh kenangan kebaikan sepanjang masa.

BACA JUGA: Kopi Sehat UBM: Tetap Tenang

Ahlul Madïnah atau penduduk di sana, pada umumnya berperilaku, atau memiliki watak juga karakter yang tinggi. Itu semua adalah atsar atawa bekas buah kebaikan dari agama Islam yang telah dibangun oleh Rasúlulláh Muhammad ﷺ bersama para Sahabat رضى الله عنهم sejak 14 abad yang lalu.

Al Madinah Al Munawwaroh, Kota yang disinari cahaya kebaikan dari Islam yang merupakan nama baru yang diberikan oleh Rasúlulláh ﷺ sebagai ganti nama yastrib yang bermakna jelek, benar benar-benar sesuai dan membuahkan kebaikan bagi watak dan perilaku penduduknya. MásyaAlláh, Alláhu Akbar.

Semoga spirit hijrah ini dapat menguatkan upaya kita dan siapa saja untuk menata kembali atau membangun ulang peradaban yang hadlari itu insya Alláh!

والله اعلم وبارك الله فيكم

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here