Kopi Sehat UBM: Bersikap Positif

215

Oleh: Ustadz Buchory Muslim (Ketua Lembaga Komunikasi dan Penyiaran Islam/LKPI PP Parmusi)

Dalam kehidupan ini, kita seringkali terluka oleh orang lain, kadang-kadang sengaja, kadang-kadang tidak sengaja.

Bagaimana kita mengatasi rasa sakit hati, akan menentukan kebahagiaan dalam hidup kita sendiri.

Bila kita memendam rasa sakit hati dalam hidup kita dan  terus menyimpannya, ini disebut dendam dan kebencian.

Jika seseorang menyakiti kita di tahun-tahun yang lalu dan kita masih menyimpan dendam, itu akan meracuni pikiran dan  mempengaruhi perjalanan hidup kita sendiri.

Untuk kesehatan dan kebahagiaan kita sendiri, kita harus belajar untuk memaafkan dan melepaskan ‘rasa’ sakit dan dendam itu.

Jika seseorang sedang marah, panik, cemas, takut, merasa tertekan, maka otaknya mengeluarkan NOR-adrenalin, hormon yg sangat beracun.

Di antara racun alami, hormon ini menempati urutan kedua setelah bisa ular. Racun ini membuat fisik kita sakit-sakitan, cepat tua dan cepat mematikan syaraf.

Jika seseorang mampu mengendalikan pikiran dan perasaannya sehingga menghadapi segala sesuatu secara positif, maka otak akan mngeluarkan hormon beta-endorfin.

Hormon kebahagiaan ini berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas, meningkatkan semangat, daya tahan tubuh dan kreativitas.

Karena itu BERSIKAPLAH POSITIF jika ingin hidup bahagia, sehat dan berumur panjang. Sikap positif akan terpancar dari senyum kita yang penuh keikhlasan.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here