Kontes Kartun Nabi Muhammad Tuai Protes Ribuan Muslim Pakistan

768
Rencana politisi anti-Islam Geert Wilders untuk mengadakan kontes kartun Nabi Muhammad, memicu protes di Pakistan. (Foto: AP Photo / K. M. Chaudary)

Pakistan, Muslim Obsession – Ribuan Muslim Pakistan tumpah ruah ke jalanan Ibu Kota Islamabad, Rabu (29/8/2018) waktu setempat. Mereka berdemo untuk memprotes rencana politisi Belanda Geert Wilders, yang akan mengadakan kompetisi kartun Nabi Muhammad Saw. akhir tahun ini.

Sekitar 10.000 pengunjuk rasa berpartisipasi dalam pawai itu. Mereka berteriak, “Kami akan mati-matian untuk melindungi kehormatan Nabi.” Sambil memegang spanduk besar yang menyampaikan bahwa mereka melakukan aksi damai.

Dilansir Deutsche Welle, Kamis (30/8/2018) demonstrasi itu diselenggarakan oleh kelompok-kelompok Islam. Sebelumnya, polisi Belanda sempat menangkap seorang pria berusia 26 tahun yang dicurigai mengancam akan menyerang Wilders selama kontes.

Diketahui, Wilders adalah kritikus yang lantang terhadap Islam. Dia pernah membuat komentar kontroversial mengenai Nabi Muhammad di masa lalu. Tak sampai disitu, Wilders juga mengumumkan rencana untuk menampilkan kartun Nabi Muhammad tersebut di televisi Belanda.

Sementara pria yang ditangkap karena diduga mengancam Wilders, sudah ditahan di Den Haag. Sayangnya, Juru bicara polisi Jan Rensen tidak menyebutkan kewarganegaraannya kepada publik. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here