Konflik di Sejumlah Negara, JK: Tidak Terlepas Pengaruh Negara Besar

342
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Katadata)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan konflik yang terjadi di sejumlah negara, khususnya di negara Islam tidak terlepas dari pengaruh negara besar.

“Perlu kita pelajari, pertemuan semacam ini kenapa terjadi konflik di banyak negara. Apa yang terjadi di Afganistan, Irak, Syria tidak lepas dari campur tangan dan pengeboman banyak negara,” ucapnya di acara Multaqo Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Afrika, dan Eropa, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta , Selasa (3/7/2018).

Menurutnya, hanya perdamaian yang bisa menyelesaikan konflik di sejumlah negara. Dia menyebut, banyak pihak yang memperkirakan butuh waktu lebih dari 30 tahun untuk mengembalikan kondisi sebuah negara pasca-perperangan.

“Berapa kerugian umat, butuh waktu berpuluh-puluh tahun. Karena itulah kita harus bersatu menyelesaikan masalah tersebut,” katanya.

“Marilah, di samping kita berdakwah, mengembangkan agama Allah. Sekali lagi, kiita berdoa semuanya berjalan dengan baik. Semoga kita mencapai hal-hal baik demi kemaslahatan umat,” tambahnya.

Lebih jauh Jk mengatakan, bangsa Indonesia sudah banyak membantu penyelesaian konflik di sejumlah negara, di antaranya membantu kedamaian di Myanmar.

Indonesia, kata Jk, juga sudah menyumbangkan pemikiran dan kedamaian yang hakiki di Afganistan.

“Saya bersyukur apa yang kita capai perdamaian di Indonesia menjadi bagian dan semangat kita,” katanya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here