Kompleks Masjid Al-Aqsha Akan Ditutup Selama Ramadhan

131

Yerusalem, Muslim Obsession – Kompleks Masjid Al-Aqsha di Yerusalem akan ditutup untuk jamaah Muslim selama bulan puasa suci Ramadhan karena epidemi coronavirus.

Demikian pernyataan ulama Muslim di situs paling suci ketiga Islam itu, Kamis (16/4/2020) seperti diberitakan Arab News.

Seperti diketahui, Ramadhan biasanya menarik puluhan ribu Muslim setiap hari ke masjid untuk menunaikan shalat tarawih.

Dalam sebuah pernyataan, dewan yang ditunjuk Yordania yang mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci menyebut keputusan itu menyakitkan tetapi mengatakan bahwa hal itu sudah sejalan dengan fatwa hukum (pendapat ulama) dan nasihat medis.

“Muslim harus melakukan shalat di rumah mereka selama bulan Ramadhan, untuk menjaga keamanan mereka,” kata dewan itu.

Ramadhan diperkirakan akan mulai sekitar 23 April. “Adzan lima waktu di lokasi selama bulan Ramadhan, dan pekerja agama masih akan diizinkan,” kata pernyataan itu menambahkan.

Yerusalem memiliki situs-situs yang sakral bagi Yudaisme, Kristen, dan Islam, dan ketiga agama itu telah mengambil tindakan pencegahan coronavirus.

Pekan lalu, orang-orang Yahudi yang merayakan Paskah di Yerusalem dan di seluruh Israel diminta untuk tinggal di rumah dan merayakannya hanya dengan keluarga dekat.

Israel telah melaporkan sedikitnya 140 kematian dan hampir 12.600 kasus coronavirus. Ada dua kematian dan hampir 300 kasus di Jalur Gaza Palestina dan Tepi Barat yang diduduki Israel. Semua masjid di Gaza telah ditutup sejak 25 Maret, dan sejak 14 Maret di Tepi Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here