Kiswah Kain Penutup Kakbah Diangkat, Pertanda Musim Haji Telah Tiba

96
Makkah

Makkah, Muslim Obsession – Kiswah kain penutup Kakbah diangkat setinggi 3 meter sebagai persiapan datangnya musim haji tahun ini. Pengelola dua Masjid Haramaian melakukan pengangkatan pada Jumat (19/7) malam.

Pengangkatan Kiswah ini melibatkan 53 pekerja. Setelah diangkat setinggi 3 meter, Kiswah tersebut kemudian diganti dengan kain penutup berwarna putih, Kiswah akan dikembalikan ke keadaan semula setelah musim haji selesai.

Tujuan dari diangkatnya Kiswah Kakbah ini untuk menjaga kebersihan Kiswah dan menyelamatkannya dari ulah orang tak bertanggung jawab. Terkadang ada saja jamaah yang memotong kain Kakbah untuk tujuan yang tertentu yang tak dibolehkan secara syariat.

Selain itu untuk menghindari hal membahayakan seperti tersobek disebabkan beberapa orang yang melakukan thawaf terkadang sampai menggantungkan diri di dinding Kakbah.

Dan yang terakhir untuk melarang para jamaah haji yang memiliki keyakinan Kiswah bisa mendatangkan keberkahan.

Konsultan Ibadah Daker Makkah, Ustadz Muhammad Ulinnuha menjelaskan kiswah Kakbah setiap tahun memang selalu dibuka terutama jelang musim haji tiba.

“Kiswah setiap musim haji tiba selalu dibuka, itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada juga lho jamaah haji yang datang membawa gunting, kalau disobek bisa rusak itu Kiswah, itu kan mahal,” kata Ulinnuha.

Pantauan situasi di Masjidil Haram saat ini semakin ramai dikunjungi jamaah haji dari berbagai dunia, bahkan sudah berasa sesak saat pelaksanaan shalat jumat. Dipastikan akan semakin ramai saat mendekati puncak haji nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here