Kisah Sahabat Nabi yang Mendapat Julukan Bapak Kucing

456
Ilustrasi. Foto: Net.
Ilustrasi. Foto: Net.

Muslim Obsession – Salah satu sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Abdul Syam, yang lahir pada 603 Masehi di Yaman, dikenal sebagai penyayang kucing. Abdul Syam masuk Islam pada tahun ke-7 setelah Rasulullah hijrah ke Madinah.

Setelah masuk Islam, Abdul Syam ke Madinah menemui Nabi dan berkhidmat untuk Nabi sepenuh hati. Sahabat nabi yang satu ini tercatat meriwayatkan banyak hadits Nabi.

Setelah Abdul Syam masuk Islam, namanya diganti menjadi Abdul Rahman. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lebih suka memanggil Abdul Syam dengan nama Abdur Rahman yang artinya hamba Allah Yang Maha Pengasih.

Dalam satu riwayat diceritakan, Abdur Rahman memiliki seekor kucing kesayangan. Satu waktu, saat pulang dari gembalaannya, kucing itu diletakkan di atas sebatang pohon. Esoknya kucing itu diambil lagi sebagai teman, dan kebiasaannya itu terus dilakukan Abdur Rahman.

Ketika Abdur Rahman bertemu Nabi, terlihat ada sesuatu di lengan bajunya. Lantas nabi bertanya apa yang ada di dalam lengan bajunya. Abdur Rahman pun menunjukkan anak kucing yang ada dalam lengan bajunya.

Abdur Rahman diberi gelar Abu Hurairah yang dalam bahasa Arab berarti Bapaknya Kucing.

Cerita lainnya, suatu waktu ketika Abu Hurairah sedang berbincang dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba kucing milik Abu Hurairah melompat.

Rasulullah lantas memanggilnya dengan sebutan Abu Hirr, yang merupakan panggilan halus Rasul kepada Abu Hurairah setelah beliau mengetahui asal usul julukan Abu Hurairah tersebut.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menjadi salah satu sahabat yang sangat mencintai nabi. Rasa cinta dan taatnya kepada Allah dan Islam, seiring waktu kian hari kian mendalam, kecintaan yang hanya karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Abu Hurairah selalu berada di sisi Rasulullah untuk mendengar sabda-sabdanya. Maka tak heran meski hanya hidup empat tahun lebih berdampingan dengan Rasulullah, Abu Hurairah termasuk salah satu sahabat yang terbanyak meriwayatkan hadits Rasulullah.

Tercatat Abu Hurairah meriwayatkan 5.374 hadits. Dari hadits-hadits tersebut, 325 hadits disepakati oleh Bukhari dan Muslim, sementara 93 lainnya diriwayatkan oleh Muslim sendiri. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here