Kisah Penggembala Kambing yang Berbohong

219
Ilustrasi Penggembala Kambing

Muslim Obsession – Dulu, di sebuah perkampungan hiduplah seorang penggembala kambing. Saban hari, ia menggembala kambing-kambing milik majikannya.

Kemudian, majikannya itu pernah berpesan kepada dirinya. Kalau suatu saat nanti datang gerombolan serigala yang ingin memangsa kambing miliknya, dia disuruh berteriak meminta pertolongan orang-orang di kampung.

Suatu hari, penggembala itu merasa bosan dengan rutinitas yang ia lakukan setiap hari. Terbesit dalam pikirannya, ide untuk menjahili dan mengerjai orang-orang kampung.

Tanpa pikir panjang, dia berpura-pura lari ke pinggir kampung sambil berteriak, “Serigala..!! serigala..!! tolong ada serigala.!!”

Mendengar teriakan itu, sontak orang-orang kampung berhamburan keluar dari rumahnya. Mereka berlarian hendak menolong sang penggembala.

Sampai-sampai mereka membawa alat-alat yang bisa di gunakan untuk menghalau dan mengusir para serigala.

Namun alangkah terkejut, ketika sampai di padang rumput, mereka tak melihat ada serigala seekor pun. Mereka hanya melihat si penggembala yang tertawa terbahak-bahak menertawakan mereka.

“Hahaha.. Lucu sekali. Kalian tertipu..” kata penggembala itu.

Orang-orang kampung tentu sangat jengkel dengan perbuatan dirinya. Dengan perasaan geram, mereka kembali ke rumah masing-masing.

Namun, tidak disangka beberapa saat kemudian, orang-orang kampung mendengar kembali teriakan si penggembala yang meminta tolong dari serangan serigala.

Mereka pun langsung berlari sebagaimana yang pertama kali mereka lakukan. Tapi lagi-lagi mereka tak menemukan adanya serigala, dan penggembala itu lagi-lagi tertawa terbahak-bahak kepada mereka.

Orang-orang pun kemudian kembali menggerutu dan pulang ke tempat masing-masing. Tak puas dengan itu, si penggembala mengulangi hal yang sama. Dia kembali berbohong tentang adanya serigala, dan untuk ke sekian kalinya orang-orang kampung tertipu.

Hingga tibalah waktu sore, di mana dirinya harus kembali membawa kambing-kambingnya pulang ke kandang. Tapi ketika dia mau menggiring kambing, tiba-tiba segerombolan serigala datang dan mengejar kambing-kambingnya untuk di mangsa.

Tentu saja penggembala itu ketakutan dan lari terbirit-birit ke perbatasan kampung. “Tolong..!! ada serigala.. ada serigala..!!” teriaknya.

Nahas, tak ada satu orang pun yang datang membantunya. Karena mereka berpikir bahwa si penggembala itu sedang berbohong lagi.

Akhirnya, semua kambing yang ia gembalakan habis di mangsa oleh kawanan serigala, dan si penggembala itu hanya bisa menangis menyesali perbuatannya.

Dari cerita ini ada hikmah yang bisa dipetik. Bahwa jangan pernah sekali-kali kita berbohong. Karena sekali saja kita berbohong, maka tak ada yang akan percaya lagi pada kata-kata kita. Meskipun pada waktu itu kita sedang berkata jujur.

Wallahu ‘Alam bish Shawab…

(Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here