Kisah Nizam Rohingya Ingatkan Kita Pada Uwais Al-Qarni

2251

Nama lengkapnya adalah Uwais bin Amir bin Jaz-un bin Malik al-Qorni, al-Muradi, al-Yamani. Dikisahkan dalam riwayat yang diceritakan Usair bin Jabir, ia berkata: “Umar bin Al Khattab ketika didatangi oleh serombongan pasukan dari Yaman, ia bertanya, “Apakah di tengah-tengah kalian ada yang bernama Uwais bin ‘Amir?”

Hingga akhirnya ia bertemu dengan Uwais dan dan bertanya kepadanya, “Apakah benar engkau adalah Uwais bin ‘Amir?”

“Iya, benar,” jawab Uwais menjawab.

“Benarkah engkau dari Murod, dari Qarn?” Tanya Umar lagi.

“Iya,” tegas Uwais.

Lalu Umar bertanya lagi, “Apakah benar engkau dahulu memiliki penyakit kulit lantas sembuh kecuali sebesar satu dirham?”

“Iya. Bagaimana engkau mengetahui ini, wahai Amirul Mukminin? Demi Allah, tidak seorang manusiapun yang mengetahui hal ini,” tandas Uwais.

Umar pun menarangkan bahwa informasi tentang Uwais ia dapatkan dari Baginda Rasulullah Saw.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan kepada kami bahwasanya akan ada diantara tabi’in seorang pria yang disebut Uwais bin ‘Amir yang terkena penyakit putih (albino). Lalu ia berdoa kepada Allah agar menghilangkan penyakit putih tersebut darinya. Ia berkata (dalam doanya), “Ya Allah sisakanlah (penyakit putihku) di tubuhku sehingga aku bisa (selalu) mengingat nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku.”

Lalu Umar bertanya lagi, “Apakah engkau memiliki ibu?”

“Betul,” jawab Uwais.

Umar kemudian menjelaskan, “Aku sendiri pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Nanti akan datang seseorang bernama Uwais bin ‘Amir bersama serombongan pasukan dari Yaman. Ia berasal dari Murad kemudian dari Qarn. Ia memiliki penyakit kulit kemudian sembuh darinya kecuali bagian satu dirham. Ia punya seorang ibu dan sangat berbakti padanya. Seandainya ia mau bersumpah pada Allah, maka akan diperkenankan yang ia pinta. Jika engkau mampu agar ia meminta pada Allah supaya engkau diampuni, mintalah padanya.”

“Oleh karena itu,” lanjut Umar, “mintalah pada Allah untuk mengampuniku.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here