Kisah Cinta Wahid Hasyim Bermula dari Salah Mobil

349
Wahid Hasyim dan Nyai Sholihah (Foto: NU)

Muslim Obsession – Orang bilang jodoh tidak akan lari ke mana. Kadang pertemuannya tidak diduga. Bahkan kerapkali seseorang itu sebetulnya dekat di sekitar kita. Inilah yang juga dialami oleh ulama besar Kiai Abdul Wahid Hasyim dengan Nyai Sholihah Wahid.

Konon, pertemuan kedua pasangan ini menyimpan cerita unik. Ternyata ada konspirasi semesta yang mendukung pertemuan kedua orangtua Gus Dur ini hingga berlabuh pada mahligai pernikahan.

Ceritanya seperti ini. Dulu, tradisi menikahkan anak perempuan di usia cukup muda menjadi hal yang lazim dilakukan, termasuk dialami Nyai Sholihah yang akrab disapa Neng Waroh.

Tak ayal ketika Neng Waroh menginjak umur 14 tahun, dia sudah dijodohkan dengan laki-laki pilihan guru ayahnya, KH Hasyim Asy’ari. Kiai Hasyim memilih Abbdurahim, putra dari Kiai Cholil Singosari untuk menjadi suaminya.

Dikutip dari tulisan Ali Yahya dalam bukunya Sama Tapi Berbeda (Potret Keluarga Besar KH A Wahid Hasyim) dan Muhammad Dahlan dalam Solichah A Wahid, Muslimah di Garis Depan, sebagai putri yang patuh, akhirnya Neng Waroh menerima pinangan laki-laki pilihan Sang Kiai.

Akad nikah pun dilaksanakan bertepatan dengan bulan Rajab, sebagai bulan yang diutamakan. Namun, sayang pernikahan itu hanya seumur jagung, lantaran kurang lebih satu bulan pasca akad nikah, tepatnya bulan Sya’ban, suami Neng Waroh wafat. Neng Waroh pun berstatus janda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here