Kisah Anak Penjual Bakso yang Tak Sangka dapat Penghargaan dari Erdogan

104
Imam Syafii terima penghargaan dari Erdogan (Foto: Anadolu Agency)

Istanbul, Muslim Obsession – Imam Syafii masih tidak percaya namanya ditunjuk untuk memberikan pidato di depan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada pekan lalu.

Dia dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi atau başarılı öğrenci dalam The 8th International Student Graduation Ceremony yang diinisiasi lembaga Direktorat Urusan Luar Negeri untuk Komunitas dan Kerabat Turki (YTB).

Imam Syafii akhirnya menerima penghargaan langsung dari Presiden Erdogan di atas panggung yang disaksikan para mahasiswa internasional dan pejabat tinggi Turki.

“Saya senang. Alhamdulillah bangga sekali bisa diberikan kesempatan yang langka itu mewakili mahasiswa yang lulus,” terang Imam kepada Anadolu Agency, dikutip Senin (15/7/2019).

Menurut Imam, belum ada mahasiswa Indonesia yang memberikan pidato dalam kelulusan mahasiswa internasional di Turki.

“Ini kesempatan langka. Senang bisa mengharumkan nama Indonesia,” ujar Imam.

Imam Syafii adalah mahasiswa asal Sumenep, Jawa Timur yang mendapatkan gelar sarjana Ilmu Sejarah dari Universitas Ankara. Dia memulai perkuliahan pada tahun 2015 melalui beasiswa pemerintah Turki.

“Awalnya orang geleng-geleng kepala saat saya masuk sejarah karena itu jurusan susah,” kenang mahasiswa kelahiran 1994 itu.

Namun Imam sudah membulatkan tekadnya untuk dapat menaklukkan tantangan itu. Dia mengaku sudah mencintai ilmu sejarah sejak duduk di bangku sekolah.

“Saya suka mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di pesantren,” kata dia.

Menurut Imam, Turki adalah pilihan yang tepat untuk menuntut ilmu sejarah. Sebab Turki adalah tempat lahir berbagai peradaban di dunia, tidak hanya Kesultanan Ottoman.

“Turki tempat sejarah manusia terjadi. Jadi Turki cocok banget untuk belajar sejarah,” terang dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here