Kisah 4 Orang yang Minta Perkaranya Ditangguhkan di Hari Kiamat

102

Muslim Obsession – Terdapat sebuah peristiwa menarik di Hari Kiamat kelak yang diinformasikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah haditsnya. Yakni peristiwa tentang empat orang yang meminta agar perkaranya ditangguhkan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengisahkan:

Ada empat golongan, kelak pada hari kiamat akan berhujah dan minta ditangguhkan perkaranya. Orang tuli yang tidak bisa mendengar apapun, orang pandir, orang pikun, dan yang terakhir orang yang hidup pada masa-masa kekosongan tidak ada rasul.

Adapun orang yang tuli, maka ia membela dirinya dengan mengatakan: “Ya Rabb, sungguh Islam telah datang, namun diriku tidak mendengar apapun tentangnya.”

Sedangkan orang yang pandir, mengatakan: “Ya Rabb, Islam telah datang, akan tetapi saya tidak mengerti sama sekali, sedangkan anak-anak kecil melempariku dengan kotoran hewan.”

Orang yang pikun membela dan berkata: “Ya Rabb, Islam datang, namun saya tidak mengerti sama sekali. Adapun orang yang meninggal pada masa-masa fatroh (tidak ada Nabi maupun Rasul), maka ia mengatakan: Ya Rabb, Engkau tidak pernah mengutus padaku seorang rasul.”

Maka setelah itu mereka semua diambil sumpahnya agar mentaati-Nya dan diutus pada mereka yang menyuruh agar semuanya masuk ke dalam api. Barangsiapa yang memasukinya, maka rasa dingin dan keselamatan yang ia peroleh, dan barangsiapa yang enggan memasukinya maka ia ditarik darinya.

Hadits ini shahih, dikeluarkan oleh Imam Ahmad, al-Bazzar, Ibnu Abi Ashim di dalam kitabnya as-Sunnah, dan al-Baihaqi di dalam al-Itiqad, semuanya dari Abu Hurairah dan dari al-Aswad bin Surai. Al-Baihaqi mengatakan: Sanadnya Sahih.

Sumber: Shahihul Qashash An-Nabawi karya Abu Ishaq Al-Huwaini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here