Kirim Pasukan ke Socotra, Yaman Kecam UEA

467
Yaman (Foto: Aljazeera)

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah Yaman mengecam tindakan yang dilakukan Uni Emirat Arab yang mengerahkan pasukannya ke pulau terpencil Socotra. Menurut pejabat pemerintah Yaman, pasukan UEA telah menguasai bandara dan pelabuhan Socotra, dan tindakan itu sama sekali tidak dapat dibenarkan.

“Permasalahan dengan UEA berkisar pada kedaulatan nasional dan tidak adanya koordinasi timbal balik yang kuat,” ujar pejabat pemerintah Yaman, Ahad (7/5/2018) seperti dikutip Aljazeera.

Ketegangan antara kedua negara memuncak sejak pekan lalu, ketika UEA mengirimkan pasukannya ke pulau strategis itu. Pasalnya, pengerahan itu dilakukan tanpa koordinasi dengan pemerintah Yaman.

Dua bulan lalu, aktivis telah mengajukan sebuah laporan ke Presiden Yaman Abdrabbuh Mansur Hadi berisi tudingan ke UEA yang berupaya mengambil alih Socotra dan sumber dayanya.

UEA adalah anggota koalisi pimpinan Saudi yang telah melancarkan kampanye udara besar-besaran pada 2015 terhadap kelompok Houthi yang menguasai sebagian besar wilayah Yaman, termasuk ibu kota Sanaa, setahun sebelumnya.

Socotra adalah sebuah warisan dunia di bawah pengawasan UNESCO. Pulau ini menjadi tempat tinggal bagi 60 ribu orang warga Yaman, tempat ini juga memiliki landasan pacu pesawat terbang 3.000 meter, ideal untuk jet tempur dan pesawat militer berbadan besar. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here