Kiai Ma’ruf Tegaskan Ucapan Buta dan Budek Bukan Singgung Kondisi Fisik, Tapi..

405

Jakarta, Muslim Obsession – Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin menerima sejumlah penyandang disabilitas di Rumah Situbondo, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/11/2018).

Pada kesempatan itu juga, Kiai Ma’ruf kembali menjelaskan soal maksud pidatonya yang sempat menjadi perbincangan banyak orang lantaran dianggap telah menghina kaum difabel, maka dari itu, Kiai Ma’ruf menegaskan ucapan buta dan budek bukan menyinggung kondisi fisik.

“Sekaligus juga hari ini saya mengklarifikasi bahwa pidato yang tidak mau mengakui adanya kenyataan pembangunan yang dilakukan Pak Jokowi, berbagai fasilitas kemaslahatan, kemanfaatan, saya menggunakan istilah yang tuli dan buta. Yang saya maksudkan bukan secara fisik, tapi pada soal hati,” ujar Kiai Ma’ruf.

Kiai Ma’ruf Amin menegaskan pernyataan soal ‘buta’ dan ‘budek’ tidak bermaksud menghina. Sebab cucunya, Ahmad Fathi Khalidi, juga seorang difabel.

“Karena tidak mungkin, karena cucu saya sendiri ini, cucu saya ini juga difabel. Jadi nggak mungkin menghina cucu saya sendiri. Sekarang cucu saya ini kuliah di Universitas Brawijaya jurusan Arsitektur di Malang. Karena itu saya sama sekali tidak merasa bahwa saya merendahkan,” jelasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here