Kiai Ahmad Dahlan Tantang Pendeta Keluar dari Agama Masing-Masing

1051

Pada titik tersebut muncul kalimat tantangan yang terkenal oleh KH Ahmad Dahlan, yakni:

“Marilah kita sama-sama keluar dari Agama, kemudian mencari/menyelidiki agama mana yang benar. Kalau ternyata kemudian agama Protestan yang benar, saya sanggup masuk agama Protestan. Akan tetapi sebaliknya, apabila agama Islam yang benar. Domine pun harus masuk agama Islam.”

Namun Domine tidak berani menerima tantangan tersebut, dan memilih kembali ke Belanda. Berkat keberanian Kiai Dahlan, dua orang pengikut Domine dari Klaten akhirnya masuk Islam.

Ada juga Pastoor Dr Zwijmer, yang memiliki wilayah kerja untuk menyebarkan agamanya di Asia, Zwijmer dikenal memiliki pemahaman yang luas dalam khutbah yang disampaikan sering menghina agama Islam.

Mendengar kabar Zwijmer akan berkunjung ke Indonesia dan salah satu kota yang dikunjunginya adalah Yogyakarta, Kiai Dahlan menyambutnya dan menyediakan forum untuk tanya jawab dengannya.

Namun Zwijmer tidak menemuninya, akan tetapi Kiai Dahlan dalam forum tersebut tetap berkhutbah dan menyampaikan perihal kesempurnaan agama Islam.

Karena ketidakhadirannya, Zwijmer oleh Ki Hadjar Dewantoro dianggap kalah dari Kiai Dahlan. Hal ini ditulis oleh Ki Hadjar dalam Surat Kabar Darmo Kondo di Solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here