Kiai Ahmad Dahlan Tantang Pendeta Keluar dari Agama Masing-Masing

566
KH Ahmad Dahlan

Muslim Obsession – Meskipun memiliki semangat purifikasi untuk menjernihkan ajaran Islam dari pengaruh ajaran-ajaran dari luar, yang menyebabkan KH Ahmad Dahlan dianggap sebagai kafir karena sering menyelisihi pendapat-pendapat ulama semasanya.

Namun dalam menjalin pergaulan, KH Ahmad Dahlan tetapi cair dan menerima sumbang-saran dan kritik dari pihak luar.

Dalam catatan Riwayat Hidup KH Ahmad Dahlan yang disusun oleh Yunus Anis pada tahun 1968, seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (13/11/2019) diterangkan pergaulan yang dilakukan oleh bapak Pendiri Muhammadiyah ini sangat cair.

Bukan hanya dengan sesama internal umat Islam, tapi diskusi dan debat untuk mencari kebenaran dan kebaikan juga dilakukan dengan tokoh-tokoh dari agama lain. (Baca juga: Jawaban Kiai Ahmad Dahlan Saat Ditanya Agama)

Di antara tokoh eksternal Islam yang pernah bertemu dan saling beradu argumen mengenai kebenaran atas agama dan ke-Tuhanan adalah Pastoor Van Lith yang dilakukan hanya sekali karena setelahnya Pastoor tersebut meninggal dunia.

Pertemuan dengan Pastoor Van Driesse juga hanya terjadi sekali karena Van Driesse memiliki sikap yang kasar dan tidak bisa diajak dialog dan bertukar fikiran, pertemuan tersebut dilakukan di rumah M Djojosumarto.

Pertemuan yang paling dikenang oleh khalayak adalah ketika pertemuan Kiai Dahlan dengan Domine Bakker yang dilakukan di daerah Jetis.

Pertemuan antara keduanya berlangsung berkali-kali, disebabkan Domine Bakker berbelit-belit dalam menyampaikan argumentasi dan enggan mengakui kekalahan atas argumen yang disampaikan oleh Kiai Dahlan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here