Khatam Iqra, Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Gelar Syukuran dan Tamasya Ukhuwah

90

Makassar, Muslim Obsession – Pesantren Lorong Raudhah Indonesia menggelar acara syukuran khatam Iqra yang dirangkai dengan kegiatan rihlah atau tamasya. Acara ini diikuti sekitar 100 santri dan guru mengaji yang terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak.

Kegiatan yang berlangsung di Lokasi tamasya Tanjung Bayang pada Ahad (4/7/2021) ini mengusung tema “Rihlah Ukhuwah Bersama Al-Quran”.

Koordinator acara rihlah dan syukuran Pesantren Lorong Raudhah Indonesia H. Kamading menyampaikan bahwa syukuran khatam Iqra yang dilaksanakan kali ini terbilang spesial.

“Peserta kegiatan adalah ibu-ibu dan bapak-bapak yang tergabung di Majelis Cinta Al-Quran dan Majelis Shahibul Quran binaan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia,” ujar H. Kamading.

BACA JUGA: FOTO: Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Gelar Wisuda Unik

H. Kamading mejelaskan, ibu-ibu dan bapak-bapak yang belajar Al-Quran dengan menggunakan Metode Iqra dibagi dalam dua kategori. Yaitu kelompok yang belum bisa membaca Al-Quran dan kelompok yang memperbaiki bacaan.

“Syukuran khatam kali ini dirangkaikan dengan rihlah atau tamasya bersama Al-Quran, sehingga tamasya ini berdimensi pendekatan diri kepada Allah dengan melihat berbagai kebesaran Allah Ta’ala yang terhampar di Tanjung Bayang ini,” tambahnya.

Sementara itu Pimpinan Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Ustadz Rahim Mayau menyampaikan bahwa ada dua rangkaian acara yang mengiringi acara puncak di Tanjung Bayang.

Dua acara tersebut adalah Pelatihan Tartil Al-Quran Guru Mengaji dan Lomba Tartil Guru Mengaji Tingkat Pesantren Lorong Raudhah Indonesia yang telah berlangsung dari 22 Juni sampai dengan 2 Juli 2021 di lokasi pembangunan Masjid Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Kompleks Mangga Tiga Permai Paccerakkang Makassar.

BACA JUGA: Gelar Wisuda dan Milad ke-3, Pesantren Lorong Raudhah Indonesia Suguhkan Aksi Kreatif dan Inovatif

Menurutnya, panitia telah menetapkan pemenang lomba Tartil Golongan Guru Mengaji Ibu-Ibu Majelis Cinta Al-Quran, yakni Satriani Palmi (Juara 1), Nurlina (Juara 2), Reni (Juara 3), Hj. Sutriani (Juara Harapan 1), dan Marni (Juara Harapan 2).

Adapun Juara Lomba Tartil Al-Quran Golongan Guru Mengaji Remaja Majelis Tahfidzul Quran Putri adalah Ainun Nafisa Andira (Juara 1), Tri Rezki Febrianti (Juara 2), Nur Aisyah (Juara 3), Sahira Magfirah (Juara Harapan 1), dan Ifni Zahwa Lestari (Juara Harapan 2). Masing-masing juara mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan.

“Kami berharap agar kegiatan pelatihan dan lomba, serta kegiatan syukuran khatam Iqra yang dibarengi kegiatan rihlah (tamasya) ini dapat menjadi agenda rutin tahunan yang mendukung terbangunnya kualitas pesantren dan ukhuwah silaturrahim yang akan saling menguatkan pembina, guru mengaji dan santri di lingkup Pesantren Lorong Raudhah Indonesia,” kata Ustadz Rahim yang merupakan Dai Parmusi di Sulawesi Selatan ini berharap. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here