Khakiyah, Pasar Tempat Beli Hewan Kurban dan Bayar Dam

699

Makkah, Muslim Obsession – Jamaah yang melakukan haji tamattu’, seperti dari Indonesia, diwajibkan membayar Dam (denda). Untuk pembayaran Dam, ada banyak cara yang harus ditunaikan oleh jamaah haji tersebut.

Bagi jamaah haji yang hendak membayar Dam bisa membayar pada bank resmi dan kantor pos yang ditunjuk Kerajaan Arab Saudi. Namun jamaah juga bisa langsung membeli kambing untuk langsung disembelih, salah satunya di Pasar Khakiyah, Makkah.

Pasar Khakiyah merupakan salah satu tujuan jamaah haji yang hendak mencari hewan untuk membayar Dam. Pasar yang terletak 15 kilometer dari Masjidil Haram itu bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi atau rombongan.

Selain menjual kambing, pasar ini juga menjual unta, namun saat tim Media Center Haji (MCH) mengujungi pasar ini siang hari, tidak terlihat hewan asli padang pasir tersebut.

“Kalau unta biasanya dijual pagi hari,” kata pengemudi MCH Makkah, Ayi, dilansir PHU, Ahad (5/8/2018).

Soal harga, bervariatif tergantung bobot kambing. Untuk kambing berbobot berkisar 12,5 Kg, harganya di kisaran 300 riyal.

Jika sudah memilih dan mendapat kesepakatan harga kambing, pasar ini menyediakan jasa penyembelihan di rumah potong. Kambing akan terlebih dulu dibawa menggunakan mobil terbuka.

Jamaah tinggal menyebutkan nama diri dan akan langsung disembelih oleh sang eksekutor. Prosesnya pun sangat cepat. Untuk jasa penyembelihan, jamaah dikenakan biaya tambahan sebesar 20 riyal.

Di tempat pemotongan hewan, Tim MCH bertemu dengan rombongan jamaah haji Indonesia. Mereka mendapatkan harga yang bervariasi mulai dari 500 riyal sampai 800 riyal yang dibayarkan ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Namun dari jumlah itu termasuk biaya transportasi.

“Saya tadi beli yang harganya 500 riyal, karena badannya besar,” kata Solehah, jamaah haji asal Tangerang Banten.

Solehah yang juga Ketua Yayasan KBIH itu mengajak jamaahnya untuk membayar Dam sekaligus melihat langsung penyembelihan hewannya.

“Biar jamaah tahu kambingnya dan pemotongannya seperti apa. Biar melihat langsung,” ujar Solehah. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here