Keutamaan Shalat Isya dan Subuh Berjamaah

87
Shalat Berjamaah (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Shalat memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam. Shalat adalah tiang agama juga batas pemisah antara keislaman dengan kekufuran dan kemunafikan.

Oleh karena itu, Rasulullah memberikan perhatian ekstra terhadap masalah shalat. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan contoh pelaksanaannya secara detail, dari awal sampai akhir, dari takbir sampai salam.

Ini semua menunjukkan pentingnya shalat dalam Islam. Harusnya ini sudah cukup sebagai motivasi bagi kaum Muslimin untuk selalu bersemangat dalam melaksanakan shalat. Terlebih jika memperhatikan berbagai keitimewaan shalat, maka tidak ada alasan lagi bagi seorang muslim untuk bermalas-malasan dalam melaksanakannya.

Tak hanya itu, Rasulullah juga mengajarkan untuk shalat berjamaah, karena pelaksanaan shalat berjamaah di mushalla atau masjid, bukan sekadar mendapat pahala semata. Namun, Rasul Saw. hendak mengajarkan pentingnya persatuan, kebersamaan, saling mengenal, bertegur sapa, saling memahami keberadaan satu sama lain.

Meski begitu, sobat Muslim tau ngga? ternyata ada dua shalat wajib yang memiliki keutamaan yang besar jika dilakukan dengan berjamaah, yaitu shalat Subuh dan shalat Isya. Karena dua shalat inilah yang terasa berat bagi orang-orang munafik.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا في العَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوَاً

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada shala Isya’ dan shalat Shubuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 615 dan Muslim no. 437)

Bahkan, Allah menjamin besarnya pahala yang didapat oleh seseorang jika menjalankan Shalat Isya dan Subuh berjamaah. Tidak hanya 27 derajat, Shalat Isya berjamaah disamakan dengan amalan shalat sepanjang separuh malam. Sementara shalat Subuh berjamaah diganjar pahala seperti shalat semalam penuh.

Tentu, shalat setengah ataupun semalam penuh adalah amalan berat. Sehingga, sedikit orang yang bisa menjalankannya.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Usman bin Affan RA, Rasulullah Saw. bersabda.

“Barangsiapa melaksanakan Shalat Isya secara berjamaah, maka dia seperti telah melaksanakan shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah, maka dia seperti telah shalat seluruh malam.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here