Keutamaan Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Agung Muhammad

117

Jakarta, Muslim Obsession – Memasuki bulan ketiga kalender Islam, yakni Rabiul Awal, umat Islam dihimbau menyambutnya dengan suka cita. Sebab, di bulan inilah Kanjeng Nabi, Rasulullah Saw lahir. Bulan ini dikenal dengan bulan Maulud atau bulan Maulid Nabi.

1 Rabiul Awal pada 1443 H kali ini jatuh bertepatan dengan Jumat, 8 Oktober 2021. Bulan Rabiul Awal terdiri dari 29 hari sehingga bakal berakhir pada Jumat, 5 November 2021. Rabiul Awal akan dilanjutkan dengan bulan Rabiul Akhir pada Sabtu, 6 Oktober 2021.

Berikut beberapa keutamaan bulan Rabiul Awal:

1. Lahirnya Nabi Muhammad SAW

Junjungan umat Islam, Nabi Muhammad SAW lahir pada 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah. Bertepatan dengan hari Senin pada tahun 571 dalam kalender Romawi. Pada tahun ini, 12 Rabiul Awal diperingati pada Rabu, 20 Oktober.

2. Bulan penuh berkah

Kelahiran Nabi Muhammad SAW di bulan Rabiul Awal membuat bulan ini menjadi penuh berkah. Sesuai dengan surat Al-Anbiya ayat 107, Allah SWT mengutus Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi alam semesta.

Rahmat berarti karunia yang diberikan Allah SWT kepada seluruh makhluk di alam semesta.

“Dan tidaklah Kami mengutus engkau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam,” firman Allah SWT dalam surat Al Anbiya ayat 107.

3. Disunahkan banyak bershalawat

Pada bulan ini, umat Islam disunahkan banyak berselawat. Selawat merupakan lantunan doa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabat.

Terdapat sejumlah selawat yang bisa diamalkan salah satunya selawat nariyah. Allah SWT senang dengan hamba yang rajin berselawat. Nabi Muhammad juga akan membeirkan syafaat pada orang yang rajin berselawat.

4. Waktu bergembira

Bulan Rabiul Awal merupakan waktu bergembira untuk menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, Nabi Muhammad merupakan sosok teladan.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 21.

Ustaz Hilman Fauzi mengatakan umat Islam mesti berbahagia memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Maulid Nabi artinya merayakan dengan berbahagia dan bergembira pada sosok yang sempurna Rasulullah SAW,” kata Hilman.

Maulid Nabi dapat diperingati dengan sejumlah cara seperti berselawat, pengajian, dan sebagainya.

5. Rasulullah wafat

Selain lahir di bulan Rabiul Awal, Rasulullah SAW juga wafat di bulan ini. Nabi Muhammad meninggal pada usia 63 tahun usai melakukan haji wada’ atau haji perpisahan.

Terdapat sejumlah pendapat yang berbeda mengenai tanggal pasti meninggalnya Rasulullah SAW. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here