Keutamaan Puasa Senin-Kamis di Saat Pandemi

144

Puasa cara efektif terkabulnya doa

Salah satu keutamaan yang diraih orang berpuasa adalah terkabulnya doa. Ini bisa kita ketahui dalam sebuah hadits, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi ﷺ bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizhalimi,” (HR. Ahmad).

Berdasarkan hadits tersebut, Imam Nawawi rahimahullah dalam Al-Majmu’ mengatakan bahwa disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.

Kesempatan terkabulkannya doa juga sangat besar dimiliki orang yang berpuasa karena mereka melaksanakan sahur. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air dan seluruh umat manusia di dunia ini, berpuasa menjadi amalan yang sangat penting.

Tidak hanya amalan yang bermanfaat bagi pelakunya sendiri tapi juga bermanfaat bagi orang banyak, dimana orang yang berpuasa seyogianya juga berdoa kepada Allah agar wabah Covid-19 ini segera berakhir.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here