Keutamaan Puasa Senin-Kamis di Saat Pandemi

153

Puasa meningkatkan imun

Orang yang berpuasa akan memperoleh hormon kebahagiaan atau endorfin saat berbuka. Rasulullah ﷺ bersabda, “Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Tuhannya,” (HR. Muslim).

Inilah “pahala psikologis” bagi orang yang berpuasa. Jadi, siapa saja yang ingin hari-harinya bahagia dapat terus memproduksi hormon endorfin dengan cara berpuasa Senin-Kamis. Tak hanya itu, bagi yang berpuasa Senin Kamis, hari-harinya diliputi harapan. Karena pada saat Magrib menjelang, ada harapan berbuka puasa.

Di sisi lain, puasa juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Di tengah pandemi seperti saat ini, puasa penting dilakukan untuk menghalau berbagai penyakit, juga virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19. Dengan jam makan yang bergeser, ahli menyebutkan masyarakat tak perlu khawatir akan turunnya imunitas tubuh.

Mengutip Kompas, dr Hj Vivien Maryam Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital (sebelumnya RS Awal Bros) Tangerang mengungkapkan bahwa pada dasarnya proses puasa adalah proses mengistirahatkan organ terutama organ pencernaan dan regenerasi sel yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Proses tersebut sangat penting untuk pertahanan tubuh terhadap berbagai jenis virus atau kuman penyakit. Karena ketika berpuasa, seseorang dilarang makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Selama kurun waktu tersebut, sistem pencernaan diistirahatkan dan sel-sel tubuh mengalami regenerasi.

Saat berpuasa, sistem pencernaan yang sebelumnya bekerja terus-menerus akan beristirahat. Pada waktu istirahat tersebut, sel-sel tubuh akan memperbaiki diri.

Pada saat berpuasa, hematopoietik (proses pembentukan komponen sel darah) akan bekerja dengan cara mengeluarkan sel-sel imunitas tubuh lebih baik seperti sel limfosit T dan sel limfosit B untuk pertahanan tubuh. Sel limfosit T dan sel limfosit B tersebut dapat menghasilkan antibodi untuk melawan berbagai virus atau kuman yang masuk.

Kendati demikian, saat berpuasa di tengah pandemi ini tentunya penting memperhatikan hal-hal yang bisa menjaga imunitas tubuh, yakni dengan makan bernutrisi tinggi, banyak minum, dan istirahat yang cukup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here