Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

369

Jakarta, Muslim Obsession – Surat Al-Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat Islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya.

Rasullulah Saw. menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari Jumat atau malam Jumat. Amat disayangkan jika dewasa ini umat islam banyak yang meninggalkan Al-Quran dan enggan membacanya.

Hal ini dijelaskan pula oleh seorang ulama. Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa membaca surat al-Kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jumat adalah membaca surat al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah).

Sebenarnya membaca surat Al-Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja melainkan setiap hari. Hal ini dikarenakan hari Jumat adalah hari baik bagi umat Islam di seluruh dunia. Memang dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al-Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya yakni hari Jumat.

Di antara keutamaan surat Al-Kahfi adalah menjaga diri dari fitnah Dajal. Keterangan ini telah disampaikan Rasulullah dalam beberapa hadis sahih.

Imam Muslim memberikan bab khusus tentang surah ini. Beliau menamakan salah satu babnya dengan bab keutamaan surah Al-Kahfi dan ayat Kursi. “Barang siapa yang hafal sepuluh ayat pertama surat al-Kahfi, akan dijaga dari Dajal.” (HR Muslim).

Ada juga riwayat lain yang menjelaskan, akan terjaga dari fitnah Dajal. Imam Muslim meriwayatkan di dalam riwayat lain dengan lafadz, “Di ayat terakhir surat Al-Kahfi.” Imam An-Nasa’i meriwayatkan dengan lafadz, “Barang siapa membaca sepuluh ayat surat Al-Kahfi.” Imam al-Nasa’i meriwayatkannya dari Tsauban, dari Rasululllah, “Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir surat Al-Kahfi maka hal tersebut akan menjaganya dari Dajal.” (HR. Muslim).

Riwayat-riwayat di atas tidak ada yang kontradiktif atau saling berbenturan. Barang siapa membaca surah Al-Kahfi, baik di awal, akhir, atau bagian mana saja maka Allah akan menjaganya dari fitnah Dajal.

Dan, di antara keutamaan surat Al-Kahfi lainnya adalah Allah akan memberikan cahaya penerangan terhadap kalbunya. Imam Mardawaih meriwayatkan dari Ibnu Umar, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinari dari telapak kakinya hingga langit yang akan menyinarinya kelak pada hari kiamat. Dan, dosanya akan diampuni di antara dua Jumat.”

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka maka dia akan disinari dengan cahaya antara dia dengan Baitul ‘Atiq.” Al-Hasan bin Ali Radhiyallahu Anhuma selalu membacanya di setiap malam Jumat. Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, “Rumah yang dibacakan di dalamnya surat A-Kahfi atau Al-Baqarah tidak akan dimasuki oleh setan sepanjang malam itu.”

Para imam mengatakan bahwa sunah membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat dan malamnya. Mereka juga mengatakan, dianjurkan untuk mengulang-ulangnya. Ibnu Qudamah di dalam kitab al-Mughni berkata, “Disunahkan membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here