Keutamaan Luar Biasa Shalat 2 Rakaat Sebelum Subuh

385

Jakarta, Muslim Obsession – Shalat fajar atau sebagian ulama ada yang menyebut sebagai shalat qobliyah subuh merupakan amalan yang bisa dikerjakan saat mengawali hari. Shalat ini dilaksanakan sebanyak 2 rakaat sebelum subuh.

Membiasakan untuk melaksanakan shalat ini memang berat, karena harus rutin bangun pagi, di saat banyak orang masih tertidur lelap. Karenannya keutamaan shalat qobliyah begitu besar. Sampai-sampai Nabi Muhammad Saw tidak pernah absen dari shalat qobliyah.

“Rasulullah itu saking pentingnya shalat qobliyah ini, dalam hidupnya beliau tidak pernah meninggalkan,” ujar Ustadz Adi Hidayat atau UAH dalam sebuah ceramahnya yang dikutip Muslim Obsession di Instagram @sahabat.adihidayat, Kamis (25/6/2020).

UAH menuturkan shalat qobliyah tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi karena keutamaannya sangat besar, yakni lebih baik dari dunia dan seisinya. UAH menegaskan bahwa perkataan Nabi tidak pernah bohong. Jika mampu melaksanakan shalat qobliyah maka bisa mendapatkan lebih besar dari dunia dan seisinya.

“Ada yang menafirkan dapat pahala yang besat di akhirat nanti. Ada yang menafsirkan dapat kenyamanan dan kemudahan dalam hidup. Orang sakit bisa cepat sembuh. Rezeki yang biasa macet jadi lancar, dunia dan seisinya,” ujar UAH.

“Ada juga yang menafsirkan dunia dibuatnya menjadi kecil. Jadi kita tidak pernah goyah dengan kenikmatan dunia. Nafsu bisa kita ketahan, ketakwaan kita kepada Allah naik. Jadi dunia yang menipu itu bisa kita tekan,” jelasnya.

UAH menyembut dalam bahasanya Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dunia dijadikan seperti bayangan. Bayangan itu dikejar tapi berbalik. Sebab jika dikejar maka bayangan itu tidak akan didapat. Tapi jika berbalik, maka bayangan itu akan selalu mengikuti.

“Jadi seperti bayangan kalau kalau kita berbalik, maka bayangan akan mengikuti kita. Jadi dunia juga begitu akan mengikuti kita, bukan kita yang mengajar-ngejar dunia,” jelasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here