Keutamaan Amalan-Amalan Hari Jumat

199

Oleh: Ustadz H. Abdul Ghoni Djumhari (Wakil Lembaga Dakwah Parmusi Pusat)

عن أوس بن أوس قال: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَغَسَّلَ، وَبَكَّرَ وَابْتَكَرَ، وَدَنَا وَاسْتَمَعَ وَأَنْصَتَ، كَانَ لَهُ بِكُلِّ خُطْوَةٍ يَخْطُوهَا أَجْرُ سَنَةٍ صِيَامُهَا وَقِيَامُهَا

“Dari Aus bin Aus, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: ‘Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dengan mencuci kepala dan anggota badan lainnya, lalu ia pergi di awal waktu atau ia pergi dan mendapati khutbah pertama, lalu ia mendekat pada imam, mendengar khutbah serta diam, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan shalat setahun,” (HR. Tirmidzi no. 496. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Pelajaran yang terdapat dalam hadits:

1- Keutamaan mandi Jumat (seperti mandi junub) di pagi hari sebelum berangkat jumatan.

2- Mendatangi jumatan di awal waktu.

3- Terlepas dari bahasan di atas, terdapat beberapa hal yang menjadi sunnah rasul dilakukan sebagai amalan pada malam atau hari Jumat, antara lain:

a. Perbanyak membaca shalawat. Sebuah hadits menjelaskan bahwa siapa saja yang memperbanyak membaca shalawat maka ia akan ditinggikan derajatnya hingga dekat dengan Allah.

b. Shalat Jumat. Sebuah hadits menjelaskan bahwa tidak diwajibkan shalat Jumat bagi perempuan, hamba sahaya, anak kecil, dan orang yang sedang sakit.

c. Perbanyak doa. Sebuah hadits menjelaskan bahwa waktu antara Jumatan dan sebelum Ashar adalah orang yang akan dikabulkan doanya.

d. Baca Al-Quran, terutama surah Al-Kahfi. Sebuah hadits menjelaskan bahwa apabila kita membaca Al-Quran, terutama Al-Kahfi akan memberikan cahaya dalam hidup kita.

Tema hadits yang berkaitan dengan Al-Quran:

Perintah untuk bersegera mendatangi jumatan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,” (QS. Al-Jumua: 9).

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here