Keutamaan 10 Hari Awal Dzulhijjah

245

Muslim Obsession – Bulan Dzulqa’dah mencapai akhirnya pada hari ini. Insya Allah pada sepuluh hari ke depan umat Islam akan merayakan Idul Adha atau Idul Qurban. Itulah sepuluh hari yang disebut memiliki keutamaan dibandingkan hari-hari lainnya.

Dari sekian banyak jumlah hari dalam setahun, untuk siangnya Allah memilih sepuluh hari awal dari bulan Dzulhijah sebagai hari yang paling utama. Rasülullàh shallalláhu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَا مِنْ أَيَّامٍ العَمَلُ الصَالِحُ فِيهِنَّ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْه فِي هَذِهِ الأيَّامِ العَشْر. قَالُوا: وَلَا الجِهَادُ فِي سَبِيْلِ اللَّه!! قَالَ: وَلاَ الجِهَادُ فِي سَبِيلِ الله، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ وَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

“Tidaklah ada diantara hari hari dimana amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh Allah daripada sepuluh hari ini (awal bulan dzulhijjah).” Para sahabat bertanya “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Beliau menjawab “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali seorang yang keluar membawa jiwa dan hartanya lalu ia tidak kembali lagi (mati syahid),” (HR. Bukhari).

Kaitannya dengan hal tersebut, Imam Ibnu Rajab al-Hambali rahimahulláh mengatakan, “Namun, amalan-amalan wajib di sepuluh hari Dzulhijjah lebih utama daripada amalan-amalan wajib semua sepuluh hari bulan yang lain. Amalan-amalan sunnah di sepuluh hari ini pun lebih utama daripada amalan sunnah di sepuluh hari bulan yang lain”. (Fathul Bari’ Ibnu Rajab: 6/119 Cet. Dar Ibn Jauzi)

Mengapa disebut sebagai hari-hari yang utama? Di antara sebab yang menunjukkan serta menjadikan sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah ini lebih utama daripada hari-hari yang lain adalah sebagai berikut:

Sumpah Allah

Firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS. Al-Fajr: 1-2. Pada dua ayat ini Allah bersumpah dengan malam-malamnya yang mulia, “Demi waktu fajar dan malam yang sepuluh. ”

Sepuluh malam yang dimaksud adalah sepuluh malam di awal bulan Dzulhijjah menurut pendapat mayoritas ulama ahli tafsir dari salafus shalih. (Lihat: Tafsir Ibn Katsir: 8/390)

Hari yang Diberkahi

Sepuluh hari di awal Dzulhijjah adalah hari-hari yang dikenal dan diberkahi. Allah subhanahu wa ta’ala mensyariatkan untuk mengingatnya dengan menyembelih binatang ternak yang telah direzekikan kepada hamba-hamba-Nya. Allah Ta’ala berfirman:

لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَّعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُم مِّن بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

“Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang ditentukan atas rezeki yang telah Allah berikan kepada mereka berupa binatang ternak,” (QS. Al-Haj: 28).

Yang dimaksud dengan hari-hari yang ditentukan didalam ayat di atas adalah sepuluh awal bulan Dzulhijjah menurut jumhur ulama dan mayoritas ahli tafsir. (Lihat Tafsir Ibn Katsir: 5/415)

Penutup Bulan

Sepuluh hari ini adalah penutup dari bulan bulan yang telah ditentukan dari bulan bulan haji. Allah subhanahu wa tala berfirman, “Haji itu pada bulan-bulan yg telah ditentukan,” (QS. Al-Baqarah: 197).

Bulan-bulan yang telah ditentukan itu adalah Syawwal, Dzulqa’dah, dan sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah.

Terdapat Hari Arafah

Pada sepuluh hari ini terdapat Hari ‘Arafah, dimana Allah subhanahu wa tala telah menyempurnakan agama ini pada hari tersebut sebagaimana firman-Nya:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Aku ridhai Islam itu sebagai agama bagimu,” (QS. Al-Maidah: 3).

Terdapat Hari Nahr

Pada sepuluh hari ini terdapat Hari Nahr yang dikenal dengan hari Hajj Al-Akbar. Hari ini adalah hari yang paling agung di sisi Allah subhanahu wa ta’la, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

أَعْظَمُ الأَيَّامِ عِنْدَ اللَّهِ يَوْمُ النَّحْرِ ثُمَّ يَوْمُ القَرِّ

“Sesungguhnya hari yang paling agung di sisi Allah adalah Hari Nahr dan Hari Qarr (hari setelah Hari Nahr)”.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here