Keunikan Masjid Tertua di Cina, Kaligrafi Al-Quran Terukir di Setiap Dinding Kayu 

264
the Great Masjid of Xi’an (Foto: Muslim Village)

Cina, Muslim Obsession – Dalam perjalanan khusus ke salah satu peradaban paling bersejarah dan kuno di dunia, Syaikh Yasir Qadhi, seorang sarjana Muslim Amerika terkemuka, mengunjungi Masjid Agung Xi’an, yang dikenal sebagai masjid terbesar dan tertua di Cina.

Dalam video YouTube yang dibagikan di halaman Dr. Qadhi, ia berkeliling ke tempat ibadah aktif di Xi’an Muslim Quarter. Kompleks halaman masjid juga merupakan situs wisata yang populer.

Untuk diketahui, mayoritas masjid dibangun pada awal dinasti Ming dan rata-rata dibangun sepenuhnya dari kayu.

Salah satu hal paling menakjubkan yang membuat masjid ini unik di seluruh dunia adalah bahwa ia memiliki seluruh ayat Al-Quran yang diukir di dinding kayunya bersama dengan terjemahan Cina.

Dilansir About Islam, Jumat (15/11/2019) masjid memiliki 30 panel dan setiap panel memiliki satu ‘para’ atau ‘juz’ tertulis di atasnya. Ada terjemahan bahasa Mandarin di bawah setiap panel.

Masjid berusia 700 tahun itu sekarang menampung lebih dari dua puluh bangunan di lima halamannya dan mencakup 12.000 meter persegi (130.000 kaki persegi).

Muslim Cina telah berada di Cina selama 1.400 tahun terakhir. Meski demikian, Muslim adalah kelompok minoritas di Cina, mewakili antara 0,45% hingga 2,8% dari total populasi, menurut perkiraan terbaru.

Berikut video dari Syaikh Yasir Qadhi:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here