Keunikan Arsitektur Masjid Merah di Kolombo

413
Masjid Jami Ul Alfar (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Masjid merupakan tempat ibadah khusus umat Islam. Kehadiran masjid bisa menjadi ikon tersendiri yang menunjukkan keunikan suatu daerah. Tidak jarang masjid diciptakan dengan desain yang menarik atau unik, sehingga membuat orang ingin masuk dan shalat di dalamnya.

Seperti masjid yang berada di Sri Lanka ini, yaitu Masjid Jami-Ul-Alfar. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki warna yang mencolok yaitu warna merah. Masjid Jami-Ul-Alfar ini juga disebut-sebut sebagai salah satu masjid terindah di dunia. Namun namanya masih kalah tenar daripada masjid kristal Kuala Trengganu atau masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei Darussalam yang berlapis emas.

Jami-Ul-Alfar berdiri di tengah pusat Pettah dengan kombinasi warna merah dan putih yang mencolok, tempat ibadah yang satu ini mendapatkan julukan masjid merah. Letaknya di Secon Cross Street, Kolombo, Sri Lanka. Masjid ini juga dikenal dengan nama Samman Kottu Palli.

Dengan warna mencolok tersebut, banyak wisatawan penasaran dan banyak yang berdatangan kesini. Kurang lebih ada ribuan lebih wisatawan yang berkunjung ke masjid ini. Sehingga masjid ini termasuk salah satu wisata religi yang ada di Colombo yang sayang jika dilewatkan.

Masjid unik ini memiliki menara masjid sebanyak 14 buah. 12 Menara berukuran lebih kecil sedangkan yang 2 buah memiliki ukuran sedang. Sementara untuk interior masjid sendiri dihiasi dengan tiang tiang yang bertuliskan kaligrafi yang sangat indah.

Dengan lokasi bangunan masjid yang ada di area masyarakat muslim, hal ini menjadikan masjid ini dilengkapi dengan pengeras suara pada setiap sudutnya. Pengeras tersebut di gunakan untuk mengumandangkan azan sebagai tanda waktu shalat telah masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here