Ketum PP Muhammadiyah: Pernyataan Amien Rais Masuk Ranah Politik

419
Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto: Liputanislam.com)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, apa yang disampaikan Amien Rais terkait partai Allah dan partai Setan, sepenuhnya masuk ranah politik sehingga tidak perlu dibawa ke ranah hukum.

“Saya melihat pernyataan Amien adalah bahasa verbal politik yang mengandung banyak simbol dan itu diperbolehkan dalam retorika politik,” kata Haedar di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Haedar melihat permasalahan utama dalam kasus ini adalah soal pemaknaan yang berbeda saja. Oleh karenanya dia meminta masyarakat untuk bisa membedakan mana bahasa verbal dan bahasa simbol.

“Kasus ini sepenuhnya berada dalam ranah politik. Saran saya janganlah sering kali membawa kasus politik ke ranah hukum. Bisa dibayangkan jika kondisi terus berlanjut, permasalahan politik sekecil apapun akan diselesaikan lewat hukum. Ini membebankan aparat,” katanya.

Sebagai solusi permasalahan ini, Haedar meminta masyarakat untuk berpikir dewasa agar dinamika politik yang demokratis berlangsung sehat dan mematuhi koridor hukum dalam berkompetisi politik.

Jadi Haedar meminta, seharusnya memperkarakan seseorang itu berdasarkan ranah hukum yang berlaku bukan atas sengketa politik yang ada. Kasus Amien sepenuhnya berada dalam ranah politik. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here