Ketua GP Anshor: Banyak Orang Pakai Cadar Cara Berpikirnya Moderat

468
Gus Yaqut
Ketua Umum Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qaumas atau Gus Yaqut. (Foto; gusyaqut.id)

Jakarta, Muslim Obsession – Pelarangan celana cingkrang dan cadar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disinggung Menteri Agama Fachrul Razi menuai respons negatif. Salah satunya datang dari Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang menilai wacana aturan itu berlebihan dan subtantif.

“Pemerintah ngurusin yang subtansial aja, deh. Banyak orang yang pakai cadar itu juga moderat cara berpikirnya, bukan radikal,” kata Yaqut di Kompleks DPR RI, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Menurut Yaqut, cara berpakaian adalah bagian dari budaya yang sah-sah saja dan tidak perlu diatur oleh negara. Sebab berpakaian itu sifatnya privat. Ketua GP Ansor itu meminta kepada Fachrul Razi agar mempelajari dulu ideologi radikalisme dan terorisme yang benar.

“Berhubungan enggak sama cara berpakaian orang? Enggak usah aneh-aneh lah,” ujar dia. (Baca: Menag: Radikalisme Sudah Menyebar di Jajaran ASN)

Sebelumnya, Menteri Agama Jenderal TNI (Purnawirawan) Fachrul Razi mengatakan bahwa tak ada dasar agama soal penggunaan cadar. Apalagi dalam aturan seragam di pemerintahan. “Kalau instansi pemerintah kan memang sudah jelas ada aturannya, kalau kamu PNS memang boleh pakai tutup muka?” ujar Fachrul.

Pernyataan itu ditafsirkan bahwa Fachrul melarang penggunaan cadar di lingkungan pemerintahan. Ia mengatakan penggunaan celana cingkrang oleh aparatur sipil negara (ASN) tidak sesuai aturan. Dia mengingatkan agar ASN mengikuti semua aturan, termasuk cara berpakaian.

Meski tak dipersoalkan dari segi agama, Fachrul menyebut celana cingkrang melanggar aturan berpakaian ASN. “Tapi dari aturan pegawai (celana cingkrang) bisa (dilarang),” kata  Fachrul di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis, (31/10).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016, mewajibkan ASN pria mengenakan celana panjang yang menutupi mata kaki. Adapun yang disebut celana cingkrang, biasanya ujung celana ada di atas mata kaki. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here