Ketika Ujian Hidup Datang, Ini Jawaban Menyejukkan dari UHA

884
Ustadz Hanan Attaki (UHA).
Ustadz Hanan Attaki (UHA).

Bandung, Muslim Obsession – Ketika ujian hidup datang terus menerus seakan tiada pernah berhenti, Ustadz Hanan Attaki atau biasa disapa UHA, memberikan jawaban yang menyejukkan kepada jamaah kajiannya.

UHA meminta jamaahnya untuk introspeksi diri atas semua cobaan hidup. Menurutnya, seseorang harus menyadari, ketika Allah menguji, barangkali memang ia banyak dosa, sebelum mencari kambing hitam atau menyalahkan orang lain.

Karena menurut UHA, siapa yang baik hubungannya dengan Allah, akan Allah perbaiki hubungannya dengan manusia.

UHA menilai wajar ketika seseorang akan menjadi marah kepada orang lain gara-gara ucapan, komentarnya atau dari status media sosialnya.

“Tapi sebelum itu, marah dulu kepada diri kita atas dosa dan kesalahan yang baru saja kita lakukan atau yang dulu kita lakuin dan belum benar-benar kita tinggalkan,” kata UHA seperti diunggah dalam akun Instagram pribadinya @hanan_attaki, Kamis (29/8/2019).

Semua ujian itu, lanjut UHA, anggap aja untuk membersihkan dosa yang pernah dilakukan atau atas dosa yang telah lalu. Sehingga ketika ada masalah dengan orang lain, seseorang harus memperbaiki dirinya terlebih dulu. Bukan sibuk dengan kesalahan orang lain.

“Misalnya ada teman kita nih, jadi bentrok sama kita, hal yang pertama kita bangun Astagfirullahal’adzim saya banyak dosa nih. Tapi kan yang salah dia? Ya, tapi mungkin dia enggak akan mengatakan kalimat itu, enggak akan bersikap kayak gitu kalau kita enggak punya dosa,” ujarnya.

Jadi menurut UHA, penyebab pertama diuji itu bukan gara-gara orang lain yang salah, itu adalah penyebab kedua.

“Dia salah, dia enggak pas, dia enggak bijak, jangan begitu. Kan yang mentakdirkan dia salah kepada kita Allah Swt. Lantas kenapa Allah takdirkan gitu? Barangkali karena kita masih banyak dosa,” pungkasnya. (Way)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here