Ketiga Kalinya dalam Setahun, Bulan Tepat Berada di Atas Ka’bah

132

Muslim Obsession – Fenomena bulan sejajar tepat di atas situs Islam paling suci, Ka’bah di Makkah, terjadi pada Kamis, 23 Desember 2021, demikian menurut para astronom.

Fenomena langit yang langka itu terjadi dua jam 11 menit sebelum shalat Subuh di Masjidil Haram di mana orang-orang Makkah akan dapat melihat dengan mata telanjang bulan bungkuk yang semakin berkurang muncul secara vertikal di atas Ka’bah suci.

Pemandangan memukau dari posisi bulan tepat di atas Ka’bah akan menjadi yang ketiga dan terakhir kali sepanjang tahun.

Pada 28 Januari, bulan sejajar tepat di atas Ka’bah untuk pertama kalinya dalam setahun, dan fenomena itu terjadi lagi pada 25 Maret di tahun yang sama.

Menurut astronom Saudi, dilansir Gulf News, fenomena langit dapat digunakan untuk menemukan arah kiblat (arah shalat menuju Ka’bah) dengan cara sederhana dari beberapa wilayah di seluruh dunia, karena umat Islam di lokasi geografis yang jauh dari Masjidil Haram dapat mengandalkannya dari arah bulan yang menunjuk ke Makkah.

Fakta bahwa bulan terlihat langsung di atas Ka’bah Suci memudahkan untuk menentukan arah kiblat. Di masa lalu, arah kiblat menuju Ka’bah ditentukan dengan cara yang sama. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here