Ketat! China Wajibkan Pindai Wajah bagi Pengguna Nomor HP Baru

117
China pindai wajah pada ponsel (Foto: AFP)

Tiongkok, Muslim Obsession – China akan mewajibkan operator telekomunikasi untuk mengumpulkan pemindaian wajah saat mendaftarkan pengguna nomor telepon baru di outlet offline mulai Ahad (1/12/2019).

Menurut otoritas teknologi informasi negara itu, Beijing terus memperketat kontrol dunia maya. Pada bulan September, kementerian industri dan teknologi informasi China mengeluarkan pemberitahuan tentang menjaga hak dan kepentingan warga negara secara online, yang menetapkan aturan untuk menegakkan pendaftaran nama asli.

Pemberitahuan itu mengatakan operator telekomunikasi harus menggunakan kecerdasan buatan dan cara teknis lainnya untuk memverifikasi identitas orang ketika mereka menggunakan nomor telepon baru.

Perwakilan layanan pelanggan China Unicom mengatakan kepada French Press Agency (AFP) bahwa persyaratan pencocokan potret yang berlaku sejak 1 Desember 2019, artinya pelanggan yang mendaftar untuk nomor telepon baru wajib memindai wajah mereka.

“Dalam langkah-langkah selanjutnya, kementerian kami akan terus meningkatkan pengawasan dan inspeksi dan secara ketat mempromosikan pengelolaan pendaftaran nama asli untuk pengguna telepon,” katanya.

Aturan ini menuai pro dan kontra bagi warga China. Para pengguna media sosial merasa khawatir data biometrik mereka dapat bocor atau dijual.

“Ini agak terlalu berlebihan,” tulis seorang pengguna di Weibo seperti Twitter, berkomentar di bawah sebuah artikel tentang aturan baru tersebut.

Pengawasan media sosial telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari dorongan pemerintah China untuk mempromosikan perkembangan Internet yang sehat dan teratur, melindungi keamanan negara dan kepentingan publik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here