Keren! Di Kanada Perusahaan Ini Ubah Plastik Jadi Bahan Bermanfaat

57

Kanada, Muslim Obsession Sparta Group, perusahaan di balik proyek percontohan Phoenix yang berlokasi di Kota Whitby, Kanada, menemukan cara untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar diesel dan bensin yang sangat bermanfaat.

Untuk bahan bakar armada truk perusahaan Sparta Group mengembangkan sampah plastik menjadi bahan bakar.

Presiden Sparta Group John O’Bireck mengatakan, lima ton plastik dapat dikonversi menjadi sekitar 4.000 liter (1.057). “Dan 4.000 liter dapat menggerakkan seluruh armada kami, 10 kendaraan, bolak balik setiap hari dengan 16 jam per hari,” kata O’Bireck, Rabu (14/8/2019).

Diakui O’Bireck, teknologi ini menggunakan suhu tinggi yang menyebabkan plastik terurai, proses yang dikenal sebagai pirolisis. Plastik dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke wadah kedap udara, lalu dipanaskan tanpa oksigen, sehingga tak benar-benar terbakar karena rusak. Plastik yang digunakan adalah yang tak dapat didaur ulang. Jika tidak, plastik itu hanya akan berakhir di TPA.

“Jika Anda menggunakan plastik dan membuangnya, dia akan bertahan di dalam tanah hingga seribu tahun. Di industri, kita bisa memanfaatkan itu, mengubahnya dan memasukkannya kembali ke pabrik untuk digunakan (sebagai bahan bakar),” ujar O’Bireck.

Di Provinsi Nova Scotia, proyek lain menggunakan teknologi serupa untuk mengubah plastik menjadi bahan bakar. Sustain Technologies Inc memanfaatkan hingga 50.000 ton sampah kota per tahun saat beroperasi penuh.

“Tampaknya mereka menarik banyak perhatian internasional, orang-orang dari berbagai belahan dunia datang untuk melihat operasional pabrik. Ini teknologi hebat. Sangat penting untuk masa depan planet ini,” kata Sheila McGrory, pejabat Whitby, bangga dengan proyek percontohan ini. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here