Kenapa Indonesia Tak Jadi Negara Islam? Ini Jawaban Gus Dur

3780
Almarhum KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Muslim Obsession – Almarhum KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ternyata memiliki jawaban untuk pertanyaan, kenapa Indonesia tidak menjadi negara agama?

Dalam sebuah cuplikan video yang diunggah @nahdlatululama, Rabu (28/8/2019), Presiden RI ke-5 itu menyatakan bahwa tidak ada kewajiban untuk mendirikan agama Islam.

“Negara Indonesia jika diserang bangsa lain harus dipertahankan sebagai perintah agama. Wajib hukumnya. Mati di situ surga imbalannya,” tutur almarhum Gus Dur dalam Bahasa Jawa yang diterjemahkan.

“Maka dari itu kita tidak perlu bingung jika diserang pertanyaan ‘Kok gak bikin negara Islam?’ Jawabannya mudah, ‘Lha gak wajib kok’,” tegasnya.

Gus Dur menjelaskan, membentuk negara Islam diyakininya sebagai hal yang baik. Kendati demikian, tidak membentuk negara Islam pun tidak menjadi soal.

Hanya saja, menurutnya, dalam konteks Indonesia sebaiknya tidak dibentuk negara Islam.

“Bikin (negara Islam) bagus, gak bikin juga gak apa-apa. Kalau Indonesia lebih baik gak bikin (negara Islam). Karena apa? Karena agamanya beragam, ada Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghucu. Jadi itu sebab-sebab berdirinya negara yaitu mempertahankan keragaman kebhinnekaan,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here