Kenang Sosok Radhar Panca, Gus Mus: Dia Pejuang Kebudayaan yang Tulus

41

Jakarta, Muslim Obsession – Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), yang juga dikenal sebagai budayawan, KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus turut berduka dengan meninggalnya Budayawan Indonesia Radhar Panca Dahana.

Radhar mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta pada Kamis (22/4) malam, sekitar pukul 20.00 WIB akibat serangan jantung.

Kiai yang akrab disapa Gus Mus itu menyebut sosok Radhar sebagai seorang pejuang kebudayaan yang sangat tulus.

“Malam ini mendengar berita: satu lagi saudaraku yang baik, Radhar Panca Dahana pulang ke rahmat Allah. Pejuang kebudayaan yang tulus itu wafat di malam baik di bulan baik. Semoga Allah menerima segala amal baiknya dan mengampuni segala kesalahan-kesalahannya,” tulisnya pada Kamis (22/4) malam.

Almarhum akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada Jumat (23/4) siang. Sebelumnya, jenazah akan dishalatkan di Masjid Villa Pamulang bakda Jumat.

Semasa hidupnya, Radhar telah melahirkan sejumlah buku di bidang sastra dan budaya, antara lain Menjadi Manusia Indonesia (esai humaniora, 2002), Lalu Aku (kumpulan sajak, 2003), Jejak Posmodernisme (2004), Cerita-cerita dari Negeri Asap (kumpulan cerpen, 2005), Inikah Kita: Mozaik Manusia Indonesia (esai humaniora, 2006), Dalam Sebotol Cokelat Cair (esai sastra, 2007), Metamorfosa Kosong (kumpulan drama, 2007), Manusia Istana (kumpulan puisi), Lalu Waktu (kumpulan puisi), dan Kebudayaan dalam Politik, Kritik pada Demokrasi (2015).

Ia menamatkan studi sarjananya di bidang sosiologi dari Universitas Indonesia (1993) dan magisternya di bidang yang sama di École des Hautes Études en Science Sociales, Paris, Prancis (2001). Radhar juga pernah mengabdikan diri menjadi pengajar di Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Jakarta yang sekarang menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here