Kenalkan Islam, Masjid di Amerika Gelar ‘Open Mosque’

557
Open Mosque (Foto: VOCfm)

Ohio, Muslim Obsession – Sejumlah masjid di Ohio, Amerika menggelar Open Mosque untuk masyarakat umum. Kegiatan yang berlangsung sejak Ahad (16/12/2018) ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal tetangga Muslim mereka pada tingkat yang lebih pribadi.

Ammar Ahmad Awan dari Masjid Omar Ibn El-Khattab mengatakan, lewat acara ini, masyarakat akan mendapat informasi yang benar tentang Muslim. Ia mengajak untuk menggali informasi mengenai Muslim dari Muslim itu sendiri.

“Kadang-kadang Anda harus menyeberangi zona kenyamanan atau penghalang kenyamanan. Kemudian menyeberanginya untuk mempelajari sesuatu yang baru, dan itulah tepatnya peristiwa ini,” ujarnya seperti dikutip Dispatch, Rabu (19/12/2018).

Awan mengatakan bahwa masjid selalu terbuka untuk masyarakat umum.

“Jika ada orang beriman yang memiliki pertanyaan, kita selalu siap menyambut mereka untuk datang,” ucapnya.

Kelli dan Evan Jasper, masyarakat umum yang berkunjung ke Masjid mengaku mendapat kesempatan untuk membuka mata dan hati terhadap iman orang lain.

“Kami berdua mendapat informasi tentang Islam dan keyakinan Islam. Tetapi ini adalah kesempatan untuk melihat secara pribadi seperti apa yang tampak dalam kehidupan masyarakat,” kata Kelli.

Ia juga menyebut pelajaran paling penting dari kegiatan ini adalah mendapatkan jawaban yang pada akhirnya akan meruntuhkan tembok kebencian.

“Apa pun yang kamu pikirkan tentang sekelompok orang, bisa berubah begitu kamu mengenal langsung,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi kesempatan baginya untuk menjelaskan kepada anaknya tentang sesuatu yang baru dan berbeda.

“Jadi kabar gembira bagi anak-anak tentang apa-apa yang sebenarnya terjadi,” ujarnya.

Acara Open Mosque ini sendiri sebenarnya bukan yang pertama kali di Amerika. Masjid-masjid di Massachusetts membuka pintu mereka pada 8 April untuk menyambut tetangga-tetangga mereka dari semua agama. Hal ini sebagai upaya untuk membawa orang-orang lebih dekat dan melawan kesalahpahaman anti-Islam.

Sebelumnya, orang-orang di Harris County di Texas ditawari tur serupa di masjid-masjid kota. Selama tiga tahun terakhir, masjid-masjid Houston juga telah menyelenggarakan program semacam ini secara teratur. Di Inggris, lebih dari 200 masjid di seluruh negeri membuka pintu untuk menyambut masyarakat umum. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here